Popcon Asia 2015: Tujuh informasi terbaru AADC 2

Shinta Setiawan

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Popcon Asia 2015: Tujuh informasi terbaru AADC 2
"Kita pastikan bahwa Rangga kita tetap Nicholas Saputra, dan Cinta kita tetap Dian Sastrowardoyo."

Rasa penasaran penggemar terhadap “Ada Apa dengan Cinta 2” (AADC 2) terjawab di Popcon Asia 2015, dalam panel presentasi AADC 2, Sabtu, 8 Agustus.  

Mira Lesmana dan Riri Reza berbagi beberapa hal penting terkait proyek film terbaru mereka di panel ini. Bertepatan dengan ulang tahunnya, Mira memberikan latar belakang kenapa membuat AADC pada 2002. 

Ia membuat film bagi generasi millenial tersebut karena tidak pernah merasakan mengenakan seragam putih abu-abu, karena dia bersekolah di Australia. 

“Gue akhirnya merasa harus membuat film yang bisa merepresentasikan generasi putih abu-abu, gitu. Ini cerita tentang cinta pertama, cerita tentang persahabatan, cerita tentang sebuah masa yang hampir semua orang merasakan.”

Film tersebut sukses meraih dua juta penonton di bioskop. 

Lalu apa bedanya dengan AADC 2? Mira dan Riri bercerita 7 informasi menarik terkait ini. 

1. Kapan AADC 2 dibuat? 

Berita mengenai pembuatan AADC 2 santer berhembus setelah Mira menuliskan tweet logo latar belakang film “Ada Apa dengan Cinta” berbentuk angka 2 pada 30 Maret yang lalu. Kenapa Mira memutuskan untuk merilis logo tersebut saat itu?

“Jadi memang kemarin itu waktu hari ulang tahun perfilman Indonesia, bulan Maret, semua orang kan pada ngucapin. Terus gue mikir, ‘Aduh ngucapinnya pake apa ya?’ Akhirnya keluarlah logo pertama AADC 2,” kata Mira.

“Kita mau bilang bahwa, iya, AADC 2 segera akan dibuat. AADC 2 akan segera masuk produksi di akhir Oktober tahun ini.”

2. Apakah semua pemain film AADC akan kembali untuk sekuelnya? 

Pada 2002, “Ada Apa dengan Cinta” menghadirkan Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Ladya Cheryl, Sissy Priscillia, Titi Kamal, Adinia Wirasti, serta Dennis Adishwara. Tapi, apakah semua pemeran ini akan kembali untuk AADC 2?

“Gue nggak akan bocorin dulu. Belum bisa, siapa saja yang akan ada di AADC 2 ini. Tapi yang pasti kali ini Mamet nggak ketinggalan di bandara,” komentar Mira pada Dennis, yang adalah moderator di panel tersebut. 

3. Siapa yang akan mengisi musik dan lagu untuk film ini?

“Ada Apa dengan Cinta” tak hanya dikenang melalui filmnya, tetapi juga melalui lagunya yang terkenal di masa tersebut.

“Dan waktu AADC pertama, buat kita itu satu turning point yang penting. Musik lagi bagus-bagusnya, lagi menarik-menariknya di masa itu,” kata Riri. 

“Dan sekarang kalau kita balik lagi, tentu saja ini adalah waktu di mana ada dua kemungkinan nih. Harus ada feeling bahwa emosi dan perasaan tokoh-tokoh yang dulu itu harus bisa muncul lagi, bisa nostalgic feeling. Tapi harus ada sesuatu yang sangat baru, yang 10, 15 tahun lagi kita omongin nih, kita akan bilang, ‘Gila, ini nih musiknya edan.’ Jadi itu.” 

Tapi, karena ada kebutuhan nostalgia, apakah dua penata musik “Ada Apa dengan Cinta”, Melly Goeslaw dan Anto Hoed, akan kembali di sini? 

“Kita boleh bocorin ya, yang udah confirmed, bahwa Melly sama Anto akan on board lagi untuk menggarap musik untuk AADC 2.”

Foto oleh Shinta Setiawan/Rappler

4. Apakah AADC 2 akan kembali menampilkan puisi?

Salah satu hal yang membuat “Ada Apa dengan Cinta” begitu unik adalah puisi-puisinya. Karena itu, wajib ditanya apakah penonton akan kembali disuguhi puisi dalam sekuelnya ini?

“Gimana, menurut kalian masih harus ada puisi nggak?” tanya Mira pada pengunjung panel tersebut. 

Pertanyaan ini dijawab dengan banyak teriakan “ya” dengan antusias. 

“Berarti masih akan terdengar puisi Rangga nanti,” kata Mira. 

5. Di mana latar film sekuel ini?

Riri dan Mira akan membawa AADC 2 syuting di tiga kota yang berbeda. Yang pertama tentu saja adalah Jakarta. Lalu, di mana lagi?

Kota pertama yang tentu saja ada di benak penonton adalah New York. Apalagi, Mira sempat memamerkan fotonya yang mengenakan kaos AADC 2 dengan latar belakang gedung-gedung pencakar langit di New York, ditambah dengan foto-foto di Instagram yang diambil di Manhattan, George Washington Bridge, Brooklyn Bridge, sampai Grand Central Station. 

“Tentu saja, kita tadi sudah bilang bahwa Rangga ke New York. Pasti ada New York. Kita syuting di New York,” kata Riri membenarkan.

Selain itu, akan kemana lagi mereka? Riri mengatakan tempat syuting lainnya adalah Yogyakarta. Kota ini dipilih karena perkembangan budaya pop di sana. 

“Gue sama Mira sering sekali datang ke Jogja. Selain, misalnya, ada perkembangan seni yang menarik, komik juga di sana berkembang bagus, hip hop di sana juga asyik. Kalau kita jalan di Jogja, di banyak sudutnya, muralnya juga kreatif,” kata Riri. 

“Yang menarik, kalau tadi gue bilang New York, bulan lalu kita habis riset ke New York. Kita ngeliat bagian New York, misalnya di Brooklyn, itu mirip, vibrant-nya tuh, feeling-nya tuh, sangat berwarna seperti kalau kita sedang berada di Jogja. Jadi New York dan Jogja akan menjadi warna yang menarik di AADC 2, selain juga di mana kita tinggal sekarang (Jakarta).”

6. Siapa yang akan ada di belakang layar?

Film “Ada Apa dengan Cinta” disutradarai oleh Rudi Soedjarwo. Selain menjadi produser, Mira dan Riri juga terlibat dalam penulisan naskahnya bersama Rako Prijanto, Prima Rusdi, dan Jujur Prananto. Belum diketahui siapa lagi yang akan berada di belakang layar. 

“Mungkin temen-temen tahu bahwa di AADC 1, saya dan Riri involved sebagai penulis cerita dan juga sebagai produser bersama. Tapi untuk AADC 2 ini, kami memutuskan bahwa yang akan menyutradarai adalah sutradaranya “Laskar Pelangi”. Jadi Riri Riza nanti yang akan menyutradarai,” kata Mira.

7. Apakah Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra sudah pasti kembali di film ini?

“Banyak sekali yang nanya apakah Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo akan tetap menjadi pemain. Kita pastikan bahwa Rangga kita tetap Nicholas Saputra, dan Cinta kita tetap Dian Sastrowardoyo,” kata Mira. — Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!