10 kejadian paling dibicarakan di media sosial

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

10 kejadian paling dibicarakan di media sosial
Kami memilih 10 hal yang paling banyak dibicarakan dan penting bagi pengguna media sosial di Indonesia selama 2015


Kami memilih 10 hal yang paling banyak dibicarakan dan penting bagi pengguna media sosial di Indonesia selama 2015. Dafternya adalah:

Mary Jane

Pemerintah Indonesia berniat mengeksekusi terpidana mati kasus narkoba Mary Jane. Netizen pun menolak hukuman mati tersebut dengan tagar #savemaryjane.

Upaya untuk membebaskan Mary Jane dari hukuman mati sudah dilakukan sejak sebelum eksekusi pertama atas warga negara Filipina tersebut pada 29 April lalu.

Eksekusi mati atas Mary Jane dibatalkan setelah di detik-detik terakhir setelah Presiden Filipina Benigno Aquino III dan aktivis Migrant Care Anis Hidayah melobi Presiden Joko Widodo.

The Dress

Warna gaun yang menjadi perdebatan di dunia maya dan nyata. Sebagian melihatnya biru dan hitam, dan yang lain melihatnya emas dan putih.

Menurut peneliti di Universitas Washington, Jay Neitz, ada beberapa alasan kenapa banyak orang melihat gaun tersebut berwarna emas putih. Pertama, lensa mata seseorang berkurang sensitivitasnya terhadap warna biru seiring dengan pertambahan usia.

Pencahayaan. Bila foto gaun tersebut dilakukan dibawah pencahayaan biru, maka warna biru akan merefleksikan putih dan hitam merefleksikan emas.

Proses otak. Penglihatan kita sangat dipengaruhi oleh proses di otak kita, yang mengolah informasi berdasarkan pengalaman dan harapan kita dan kemudian menghasilkan persepsi. Apa yang kita lihat sebelum melihat gaun tersebut mempengaruhi bagaimana otak kita menilai gaun tersebut.

Aylan Kurdi

Setelah jenazahnya ditemukan di pantai yang terletak di Bodrum, Turki, Rabu dini hari, 2 September, nama Aylan Kurdi mendunia.

Meninggalnya Aylan yang masih berusia 3 tahun bersama sejumlah imigran lain saat perahu yang mereka tumpangi tenggelam, membuka mata Eropa dan dunia tentang seriusnya krisis imigran.

Tag #KiyiyaVuranInsanlik yang berarti “kemanusiaan telah terdampar” menjadi trending topic dunia. Ada yang mengungkapkan kesedihannya, ada pula yang mengritik sikap dunia internasional yang membuat nasib para imigran terlunta-lunta.

Papa minta saham

Menteri Energi dan Sumber Daya Manusia Sudirman melaporkan Ketua DPR Setya Novanto ke MKD. Setya Novanto dilaporkan karena menemui petinggi PT Freeport Indonesia dan membawa nama Jokowi untuk meminta saham.

Hashtag #papamintasaham pun menjadi trending topic di Twitter yang tak luput dari perhatian Presiden. “Ada papa minta pulsa, ada papa minta saham,” kata Jokowi.

Kasus ini berlanjug dengan sidang yang juga menjadi perhatian publik dalam #pertanyaanMKD dan berakhir dengan mundurnya Setya Novanto dari posisi Ketua DPR

#melawanasap

Bencana kabut asap pada awalnya tak mendapatkan perhatian yang cukup. Warga di daerah-daerah yang terdampak asap akibat kebakaran hutan ini seperti Pekanbaru, Palembang, Pontianak, dan Palangkaraya meminta perhatian pemerintah dengan hashtag di media sosial.

Bencana yang berlangsung lama ini juga memunculkan banyak hashtag lain seperti #terimakasih Indonesia, #masihmelawanasap dan #kabutasap.

Budi Gunawan

Hanya beberapa hari setelah Presiden Joko “Jokowi” Widodo mencalonkan Komjen Pol Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian RI, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan Budi Gunawan sebagai tersangka, pada 13 Januari 2015.

Dalam konferensi pers Ketua KPK Abraham Samad menegaskan bahwa Budi dijadikan tersangka atas penerimaan dugaan suap saat menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karir di Mabes Polri pada tahun 2003-2006.

Netizen pun bereaksi menolak pencalonan Budi.

#lovewins

Barack Obama menjadi Presiden AS pertama dalam sejarah yang berhasil “melukis pelangi” di Gedung Putih.

Mahkamah Agung AS hari Jumat 26 Juni memutuskan menjamin legalitas pernikahan sesama jenis di Amerika.

Netizen pun bergembira dengan #lovewins, dan memasang foto mereka dalam balutan warna pelangi di Facebook. Di Indonesia, hal ini memunculkan perdebatan mengenai LGBTQ, beberapa artis, misalnya Sherina, dihujat karena menunjukkan dukungannya pada pernikahan sesama jeni.

Piala Presiden

Persaingan liga di Indonesia bangkit kembali dengan Piala Presiden. 

Persib Bandung keluar sebagai juara Piala Presiden 2015 setelah menumbangkan Sriwijaya FC dalam laga final di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu, 18 Oktober.

Pertandingan antara Persib Bandung melawan Sriwijaya FC terbilang cukup ketat sejak awal babak pertama. Jual beli serangan langsung terjadi. Penggemar pun merayakannya dengan #persibday

Haji Lulung
Sebelumnya, nama Lulung mencuat dan menjadi bahan olok-olokan pengguna media sosial Indonesia akibat berseteru dengan Ahok terkait rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) tahun 2015. Tagar #SaveHajiLulung menjadi trending topic selama dua hari, tidak hanya pada level Indonesia tapi juga di dunia.

Lulung sendiri mengaku bahwa dirinya tak paham media sosial. “Saya tidak punya akun Twitter, dan saya tidak paham media sosial,” kata Lulung. Akibat tag ini dia pun membuat akun twitter.

Perseteruan Rossi Marquez
Rossi dianggap dengan sengaja menyebabkan pembalap Honda Marc Marquez lepas kendali hingga keluar dari lintasan dan tidak dapat melanjutkan pertandingan. Videonya bisa disaksikan di sini.

Rossi mendapatkan sanksi berupa pengurangan poin dan akan memulai pertandingan di urutan terakhir dalam balapan pamungkas MotoGP tahun ini di Valencia, Spanyol. Para penggemar sedunia pun heboh dengan pro kontra #marquezvsrossi.—Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!