Dari harga BBM turun hingga pencuri bagasi Lion Air

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Dari harga BBM turun hingga pencuri bagasi Lion Air

EPA

Harga BBM turun, polisi tangkap pembobol bagasi Lion Air, Gunung Semeru ditutup

JAKARTA, Indonesia — Harga BBM turun hari ini, polisi menangkap 4 tersangka pembobolan bagasi maskapai Lion Air, dan Gunung Semeru ditutup untuk pendakian.

Berita yang perlu kamu tahu selama 24 jam ke belakang.

Harga BBM turun hari ini

Hari ini, pemerintah menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM). Harga baru premium menjadi Rp 7.150 sedangkan solar menjadi Rp 5.950. 

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Dzulfian Syafrian menilai bahwa tak seharusnya pemerintah menurunkan harga BBM.

“Nanti konsumsi dalam negeri naik. Dampaknya nilai impor minyak naik dan defisit neraca perdagangan membesar. Akhirnya defisit transaksi berjalan juga akan membesar. Ini bisa mendorong depresiasi rupiah dan berdampak negatif terhadap makroekonomi kita,” kata Dzulfian.

Selengkapnya di sini.

Polisi tangkap 4 pencuri bagasi pesawat di bandara Soekarno-Hatta

Rekaman CCTV bulan November 2015 yang menunjukkan Polisi menangkap pelaku pembobolan tas penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pada 3 Januari 2016. Foto oleh Lucky R./Antara

Petugas Polres Metro Bandara Internasional Soekarno-Hatta membekuk empat pencuri barang milik penumpang pesawat dengan modus merusak dan membuka bagasi.

“Pelaku menjalankan modus dodos atau membuka tas dan mengambil barang milik penumpang di kompartemen atau lambung pesawat,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal.

Petugas kepolisian menangkap petugas angkut barang maskapai Lion Air berinisial S (22 tahun) dan M (29), serta petugas keamanan Lion Air, A (28) dan H (29).

Selengkapnya di sini. 

Sutiyoso kirim surat ke Jokowi terkait amnesti Din Minimi 

Pimpinan kelompok sipil bersenjata Aceh, Din Minimi (kiri), di kediaman orangtuanya saat menyerahkan diri pada 29 Desember 2012. Foto oleh Syifa Yulinnas/Antara

Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengatakan akan mengajukan surat ke Presiden Joko “Jokowi” Widodo terkait amnesti untuk kelompok bersenjata yang dipimpin Din Minimi di Aceh.

Sebelumnya, Sutiyoso menyatakan akan mengakomodasi permintaan kelompok Din Minimi yang mengajukan enam persyaratan ketika menyerahkan diri pada pekan lalu. Salah satunya adalah meminta pemerintah memberikan amnesti.

Selengkapnya di sini.

BPS: Inflasi 2015 sebesar 3,35%

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) yang dirilis pada Senin, 4 Januari, terjadi inflasi sebesar 3,35 persen sepanjang 2015, dari Januari hingga Desember.

Inflasi komponen inti adalah komponen inflasi yang cenderung menetap atau di dalam pergerakan inflasi dan dipengaruhi oleh faktor fundamental, yaitu:

  1. Interaksi permintaan-penawaran
  2. Lingkungan eksternal: Nilai tukar, harga komoditi internasional, inflasi mitra dagang
  3. Ekspektasi inflasi dari pedagang dan konsumen

Selengkapnya di sini. 

Hujan badai, Gunung Semeru ditutup untuk pendakian tanpa batas waktu 

KEBAKARAN. Gunung Semeru dan Gunung Bromo dari Seruni Point. Foto Dyah Ayu Pitaloka/Rappler

Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menutup jalur pendakian Gunung Semeru sejak Senin, 4 Januari, hingga batas waktu yang belum ditentukan. 

Hujan dikawatirkan mengancam keselamatan pendaki akibat jalan pendakian yang licin dan potensi tertimpa dahan dan pohon tumbang di sepanjang lereng gunung. “Kami tak bisa memprediksi badai sampai kapan,” kata Kepala Balai Besar TNBTS Ayu Dewi Utari.

Selengkapnya di sini.

—Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!