Penemuan 4 elemen baru, mengisi kekosongan di baris ke-7 tabel periodik

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Penemuan 4 elemen baru, mengisi kekosongan di baris ke-7 tabel periodik

AFP

Empat elemen baru dalam tabel periodik telah disetujui oleh ilmuwan dari Jepang, Rusia, dan Amerika Serikat

JAKARTA, Indonesia — Empat elemen baru secara resmi telah dimasukkan ke dalam tabel periodik, mengisi kekosongan di baris ketujuh.

International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) mengumumkan bergabungnya elemen nomor 113, 115, 117, dan 118 melalui rilis resmi pada akhir 2015 lalu, setelah disepakati bersama oleh para ilmuwan dari Jepang, Rusia, dan Amerika Serikat.

Elemen 113 ditemukan oleh tim kolaborasi RIKEN di Jepang, sedangkan elemen 115, 117, dan 118 merupakan hasil kerja sama Institute for Nuclear Research di Dubna, Rusia; Lawrence Livermore National Laboratory, California, Amerika Serikat; dan Oak Ridge National Laboratory, Tennessee, AS.

ELEMEN BARU. Elemen nomor 113, 115, 117, dan 118 telah disetujui oleh gabungan peneliti dari Jepang, Rusia, dan Amerika Serikat. Foto dari iupac.org

“Saat ini IUPAC sedang dalam proses pemberian nama dan simbol resmi untuk elemen-elemen yang saat ini masih disebut sebagai ununtrium (Uut atau elemen 113), ununpentium (Uup atau elemen 115), ununseptium (Uus, elemen 117), dan ununoctium (Uuo atau elemen 118),” kata presiden divisi Inorganic Chemistry di IUPAC, Profesor Jan Reedjik.

Nama dan simbol resmi untuk elemen tersebut bisa diambil dari konsep mitologi, mineral, nama tempat, maupun nama ilmuwan. Sebelumnya, elemen 114, flevorium, dan 116, livermorium, dimasukkan ke tabel periodik pada 2011 lalu. —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!