LINI MASA: Serangan teror di seluruh dunia dalam sepekan terakhir

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

LINI MASA: Serangan teror di seluruh dunia dalam sepekan terakhir
Dalam tujuh hari, setidaknya tujuh kota diguncang serangan teror. Mulai dari Selangor hingga Madinah.

JAKARTA, Indonesia — Tujuh hari terakhir menjadi pekan yang mencekam bagi tujuh kota di berbagai belahan dunia. Serangan teror terjadi di beberapa kota dalam waktu yang berdekatan.

Berikut beberapa peristiwa yang berhasil Rappler rangkum:

Selasa, 28 Juni lalu, sebuah serangan granat mengguncang klub malam Movida Bar di kawasan Puchong, Selangor, Malaysia. Menurut keterangan pihak kepolisian setempat pada Senin, 4 Juli, setidaknya delapan orang mengalami luka-luka akibat serangan tersebut.

Kepolisian Malaysia mengonfirmasi bahwa ini adalah hasil serangan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) beberapa hari kemudian.

Dua hari kemudian, terjadi serangan tembakan dan ledakan bom bunuh diri di Bandara Internasional Ataturk di Istanbul, Turki. Jumlah korban tewas dikabarkan mencapai 43 orang.

Keesokan harinya, Sekelompok pria bersenjata tiba-tiba masuk ke restoran Holey Artisan Bakery yang berada di lokasi elit ibukota Dhaka, Bangladesh, dan menyandera puluhan pengunjung. Setidaknya 20 orang tewas, termasuk dua personil kepolisian.

Pada 2 Juli, giliran kota Baghdad, Irak, yang diguncang bom bunuh diri. Sebuah serangan bom mobil yang diklaim oleh ISIS meledak tepat di sebuah jalan yang sibuk di Distrik Karrada, Baghdad, hingga menewaskan 119 orang. 

Pada Senin, 4 Juli, terjadi serangan di tiga kota berbeda di Arab Saudi. Pada pagi harinya, sebuah bom bunuh diri meledak di dekat konsulat Amerika Serikat di Jeddah, bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan negara tersebut.

Pada sore menjelang malam, ledakan juga terjadi di Qatif, sebuah kota di bagian timur Arab Saudi. Ledakan tersebut menyasar Masjid Syeikh Faraj Al’Umran yang diketahui merupakan masjid kelompok Syiah.

Sesaat setelah berbuka puasa, kota suci Madinah Al-Mukarromah diguncang bom bunuh diri yang terjadi di dekat Masjid Nabawi. Setidaknya empat orang petugas keamanan dan satu pelaku tewas akibat kejadian tersebut.

  —Rappler.com

BACA JUGA:

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!