SAKSIKAN: Janji presiden Joko Widodo untuk para atlet Olimpiade

Setelah konvoi dari kantor Kemenpora, lima atlet Indonesia untuk Olimpiade Rio 2016 diterima Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

Sakinah Ummu Haniy

Published: 8:56 AM August 24, 2016

Updated: 8:56 AM August 24, 2016

Sejumlah atlet mengikuti arak-arakan dengan menaiki bus tingkat terbuka Bandros menuju Istana Negara ketika melintasi Kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu, 24 Agustus. Foto oleh Wahyu Putro A/ANTARA

JAKARTA, Indonesia — Seluruh atlet yang berlaga di Olimpiade Rio 2016 telah tiba di Tanah Air. Setelah sambutan hangat pemerintah dan masyarakat di Bandara Soekarno Hatta pada Selasa, 23 Agustus, kini giliran Presiden Joko “Jokowi” Widodo yang mengungkapkan apresiasinya. Presiden Jokowi menerima para kontingen Olimpiade itu di Istana Negara pada pukul 09:00.

Namun, hanya 5 dari 28 atlet yang datang ke Istana. Mereka terdiri dari pasangan peraih emas ganda campuran Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir, dua atlet angkat besi peraih medali perak Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan, serta atlet dayung putri asal Jakarta Dewi Yuliawati.

Mereka tiba di Istana Negara didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, ketua Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Gita Wirjawan, Ketua Kontingen Indonesia Raja Sapta Oktohari, serta perwakilan tim pelatih sekaligus mantan atlet bulu tangkis Rexy Mainaky dan Taufik Hidayat.

Rombongan berangkat dari kantor Kemenpora di bilangan Jakarta Selatan dan kembali konvoi menggunakan bus bandros. Mereka melewati jalan-jalan protokol Ibukota, mulai dari Jalan Asia Afrika, Jalan Sudirman, hingga Jalan Thamrin dan kawasan lingkar Monas, hingga akhirnya tiba di Istana.

Sesampainya di Istana, para atlet bersalaman dengan Presiden dan berbincang selama sekitar 15 menit. Dalam perbincangan tersebut presiden menyatakan bahwa pemerintah akan menyiapkan tunjangan hari tua bagi para atlet sehingga mereka tidak perlu khawatir dengan masa depan mereka. —Rappler.com

BACA JUGA: 

Rute konvoi penyambutan kontingen Olimpiade Indonesia

Tontowi Ahmad dan Lilyana Natsir dapat tiket AirAsia gratis seumur hidup

FOTO: Para peraih medali Olimpiade temui Presiden Jokowi