Siapa Mukidi, yang mendadak viral di media sosial?

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Siapa Mukidi, yang mendadak viral di media sosial?

ANTARA FOTO

Cerita humor lama yang kembali disayang? Atau penjual kopi di Jawa Tengah?


JAKARTA, Indonesia – Sejak beberapa hari silam nama Mukidi mendadak tenar. Kisahnya yang jenaka diceritakan di beragam media sosial, dalam Bahasa Indonesia hingga Bahasa Jawa.   

Tapi, siapa “Mukidi” sebenarnya?

Tokoh fiksi

Sejumlah media mengabarkan bahwa “pencipta” Mukidi adalah Soetantyo Moechlas. Pria asal Purwokerto ini tinggal di Bekasi, dan sejak 1990-an mengirim cerita-cerita ke radio Prambors, tepatnya bagi Ida Krishna Show.

Pada masa itu, nama “Mukidi” terkenal di Jawa, bahkan pernah ada dalam salah satu serial Warkop DKI. 

Menurut Soetantyo Moechlas, nama Mukidi sangat Jawa dan gampang diingat. Dalam bayangannya, Mukidi adalah pria usia sekitar 40 tahun, berperawakan sedang, dan merupakan orang Cilacap atau Banyumasan. Mukidi bisa menjadi orang yang berbeda sesuai kebutuhan cerita.  

Selain Mukidi, dalam cerita Soetantyo ada karakter-karakter lain, seperti sahabat karib Mukidi, Wakijan; istrinya, Markonah; serta kedua anaknya, Mukirin dan Mukiran.

Seorang yang suka berkilah, Sukilah; istri Wakijan yaitu Wakilah; paman Mukidi yaitu Mbah Marto Kapiran; dan teman Mbah Karto alias Mengkono.

Kepada media Soetantyo menceritakan, “Tokoh-tokoh itu berbau Jawa banget. Dan itu tipikal orang Jawa semua. Mukidi juga orang Jawa. Tidak terlalu pintar dan tidak terlalu bodoh, tapi ya kadang-kadang nakal. Kadang-kadang cerdas, sangat manusiawi.”

Namun ada juga netizen yang berspekulasi bahwa tokoh Mukidi ini merupakan sebuah gimmick dari remake film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! (Part 1) yang akan dirilis pada 6 September mendatang.

Reaksi netizen

Netizen ramai membagikan cerita Mukidi, membuat kreasi sendiri, hingga mencari tahu siapa Mukidi sebenarnya. 

‘Mukidi’ di kehidupan nyata

Walau dalam cerita-cerita humor itu Mukidi adalah tokoh fiksi, di Dusun Jambon, Jawa Tengah, ada Mukidi yang asli.

Petani sekaligus master roasting kopi yang berusia 42 tahun bernama Mukidi ini mengatakan kepada media, “Saya tidak tersinggung dengan gojekan tersebut. Sama sekali saya tidak keberatan, ketika nama Mukidi menjadi bahan cerita lelucon netizen. Justru saya malah diuntungkan dengan candaan tersebut.”  

Lantaran, usaha kopinya yang bermerk “Kopi Mukidi” menjadi semakin terkenal. Padahal, merk tersebut dibuat lama sebelum tokoh Mukidi menjadi trending topic di dunia maya.  

Sejak Mukidi ramai diperbincangkan di media sosial, penjualan Kopi Mukidi meningkat hingga 10 sampai 15 kilogram per hari. Sebelumnya, per hari rata-rata ia menjual satu kilogram kopi.

Istri Mukidi, Sumi, menambahkan, “Sebagai istri Pak Mukidi, menanggapi candaan Mukidi justru ada hikmahnya. Mudah-mudahan jualan kopi kami makin laris, rezeki melimpah.” —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!