Berita hari ini: Kamis, 22 September 2016

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Berita hari ini: Kamis, 22 September 2016

ANTARA FOTO

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 22 September 2016

Indonesia wRap: Dari Irman Gusman ajukan penangguhan hingga Jokowi terima atlet Paralimpiade

Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman resmi mengajukan penangguhan penahanan. Penangguhan tersebut disertai jaminan dari 51 orang anggota DPD.

Irman jadi tersangka kasus dugaan korupsi kuota gula impor yang diberikan oleh BULOG kepada CV Semesta Berjaya tahun 2016 untuk provinsi Sumatera Barat.

Wakil Ketua KPK Laode Syarif mengatakan pihaknya jarang berikan penangguhan penahanan, terutama untuk tersangka operasi tangkap tangan (OTT).

Sementara itu, Boy Sadikin mengundurkan diri sebagai kader PDI-P. Ia memilih bergabung dengan tim kandidat calon Gubernur DKI Jakarta lainnya, Sandiaga Uno.

Boy mengaku kecewa dengan keputusan PDI-P memilih calon gubernur petahana Ahok dalam Pilkada DKI.

“Saya tidak suka sama Ahok bukan karena SARA, karena Ahok etnis Tionghoa dan Kristen, tapi karena kepribadiannya yang suka memarahi PNS seakan paling benar,” kata Boy. 

Dari berita olahraga, Presiden Jokowi menerima atlet Paralimpiade yang berlaga di Olimpiade Rio, Brasil. Penerimaan ini merupakan bentuk tidak ada diskriminasi yang ditunjukkan pemerintah bagi atlet difabel.

Kontingen Paralimpiade Indonesia berhasil meraih 1 medali perunggu dari cabang angkat besi. Atlet angkat besi, Ni Nengah Widiasih, dijanjikan akan menerima bonus sebesar Rp 1 miliar.

Rugikan negara Rp 2 triliun, KPK segera tetapkan tersangka baru kasus e-KTP

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera menetapkan tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi e-ktp yang diduga merugikan negara hingga Rp 2 triliun.

Bahkan kabar dari internal KPK menyebutkan jika Ketua KPK telah meneken sprindik dengan nama tersangka baru. Namun tak disebutkan siapa nama yang tertera dalam sprindik tersebut.

Sebelumnya KPK telah menetapkan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Sugiharto, sebagai tersangka.

Tersangka baru yang akan segera menyusul dikabarkan adalah atasan Sugiharto ketika itu. Posisinya berada di atas direktur.

Ketua KPK Agus Rahardjo telah mengindikasikan akan adanya penetapan tersangka baru dalam kasus e-ktp saat menghadiri rapat dengan Komisi Hukum DPR pada Rabu, 21 September. Baca berita selengkapnya di Detik.com

Kecewa PDI-P usung Ahok, Boy Sadikin mengundurkan diri dan gabung ke tim Sandiaga

Pasangan bakal Calon Gubernur dan Wagub DKI Jakarta Ahok (kedua kanan) dan Djarot (kanan), bersama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah), Ketua DPD PDIP DKI Ady Wijaya (kedua kiri), dan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, pada 21 September 2016. Foto oleh Rosa Panggabean/Antara

Boy Sadikin mengundurkan diri sebagai kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan memilih bergabung dengan tim kandidat calon Gubernur DKI Jakarta lainnya, Sandiaga Uno, untuk Pilkada DKI Jakarta. 

“Pak Boy Sadikin tidak bergabung dengan petahana dan Pak Boy bersedia masuk dalam tim kami,” kata Sandiaga, pada Kamis, 22 September.

Mantan Ketua DPD PDI-Perjuangan DKI Jakarta itu mengajukan surat pengunduran diri karena kecewa dengan keputusan PDI-P memilih calon gubernur petahana Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama dalam Pilkada DKI.

“Saya tidak suka sama Ahok bukan karena SARA, karena Ahok etnis Tionghoa dan Kristen, tapi karena kepribadiannya yang suka memarahi PNS seakan paling benar. Pembuat SARA itu Ahok sendiri,” kata Boy. Selengkapnya di Antara.

Indonesia terima hibah 5 pesawat F-16 dari Amerika Serikat

HIBAH. Pemerintah Amerika Serikat memberikan hibah berupa 5 jet tempur F-16 kepada TNI Angkatan Udara (AU). Lima unit jet itu tiba di Pangkalan Lanud Iswahyudi, Magetan, Jawa Timur pada Rabu, 21 September. Foto oleh Siswowidodo/ANTARA

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) kembali memperoleh hibah 5 pesawat jet tempur F-16 dari Amerika Serikat dan telah tiba di Pangkalan Lanud Iswahyudi, Magetan, Jawa Timur. Lima pesawat tempur F-16 tipe C/D yang dihibahkan Negeri Paman Sam sudah di-upgrade dari Blok 25 menjadi Blok 52, sehingga kemampuannya setara dengan pesawat baru.

“Kemampuan pesawat yang di-upgrade dengan pesawat baru aviability-nya sama. Hanya kemampuan avioniknya yang berbeda seperti sistem radar dan sistem senjata,” ujar Komandan Lanud Iswahjudi, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Andyawan MP kepada media.

Keliga pesawat itu diterbangkan secara langsung oleh pilot dari AS ke Lanud Iswahjudi pada Rabu kemarin.

Selengkapnya baca di Sindonews.

Lion Air mendarat darurat di Makassar

Indonesian rescuers trying to salvage the Lion Air aircraft after it crashed into a cow at Gorontalo airport, Indonesia, 07 August 2013. EPA/STR

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 791 rute Ambon-Makassar mendarat darurat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Kamis 22 September, sekitar pukul 07.23 wib

Tak lama setelah mendarat, penumpang terlihat berhamburan keluar, meskipun pintu sebelah kiri belum sepenuhnya terbuka. Mobil pemadam kebakaran bergegas ke lokasi dan penumpang langsung dinaikkan ke dalam bus.

Belum ada pernyataan dari pihak maskapai Lion Air mengenai pendaratan darurat ini. Namun informasi yang beredar pilot sempat melaporkan mesin nomor dua pesawat tersebut mengalami kegagalan (engine failed). Baca berita selengkapnya di Detik.com

Terpidana mati Merry Utami sakit, keluarga minta dipindahkan dari LP Cilacap

Bus yang digunakan untuk memindahkan terpidana mati kasus narkotika Merry Utami dari Lapas Wanita Tangerang, Banten, untuk menempati ruang isolasi Lapas Besi Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, pada 24 Juli 2016. Foto oleh Idhad Zakaria/Antara

Terpidana mati Merry Utami tengah sakit. Pihak keluarga, yang diwakili anaknya, D. Christa, meminta Kejaksaan Agung untuk memindahkan ibunya dari Lembaga Pemasyarakatan Cilacap, Nusakambangan ke Lapas Tangerang, tempat sebelum dipindahkan untuk dieksekusi.

“Kondisinya sangat memprihatinkan, setiap malam tidak bisa tidur,” kata Christa di Kejaksaan Agung, pada Rabu, 21 September.

Pada kesempatan tersebut, Christa membacakan surat ibunya tertanggal 19 September, yang berbunyi bahwa Merry sering terbangun saat malam dengan rasa ketakutan yang membuat jantungnya berdebar kencang. 

Merry merupakan salah satu dari 10 terpidana mati yang batal dieksekusi pada akhir Juni lalu.

Merry divonis hukuman mati karena kedapatan membawa heroin sebanyak 1,1 kilogram di dalam tasnya saat ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta. Selengkapnya di Tempo.co.

Koalisi Cikeas umumkan calon pasangan cagub dan wagub Pilkada DKI 2017 siang nanti

PILKADA 2017. Koalisi Cikeas akan mengumumkan nama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan maju dalam Pilkada DKI 2017 pada siang nanti sekitar pukul 12:00 WIB. Foto oleh Prasetya Utomo/ANTARA

Pertemuan para petinggi Partai Demokrat dengan beberapa partai yang belum mengajukan calon untuk Pilkada DKI 2017 selesai pada dini hari tadi. Ada 3 poin yang dibahas dalam rapat koalisi Cikeas dan dipimpin oleh Ketua Umum, Susilo Bambang Yudhoyono. 

Salah satunya menyangkut berapa calon pasangan yang akan maju dalam Pilkada tahun depan. Selain itu, koalisi tengah ini juga tengah membujuk agar Partai Gerindra dan PKS bersedia bergabung dengan Demokrat, sehingga jumlah pasangan yang maju hanya dua saja. 

Sementara, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan, 4 partai yang hadir semalam sudah sepakat untuk mengusung kandidat tertentu. Namun, dia menyebut baru bisa mengumumkan pada hari ini pukul 12:00 WIB. 

“Ada beberapa kandidat yang masih harus difinalisasi,” ujar Zulkifli di pendopo kediaman SBY semalam. Selengkapnya baca di Tempo

Indonesia wRap: Rabu, 21 September 2016

Dari PDIP gandeng Ahok-Djarot di Pilkada 2017 hingga Brangelina bercerai

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Selasa malam, 20 September resmi mengusung pasangan Basuki Tjahaja “Ahok” Purnama dan Djarot Saiful Hidayat dalam Pilkada DKI 2017. Keputusan itu diumumkan oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto di kantor pusat DPP PDIP di Menteng, Jakarta Pusat.

Alasan PDIP memilih mendukung Ahok dan Djarot karena dianggap mampu mengusung visi menuju Jakarta yang lebih baik. Deklarasi itu dilanjutkan dengan pendaftaran sebagai pasangan cagub dan wagub ke kantor KPU DKI.

Sementara, pasangan aktris Angelina Jolie dan Brad Pitt akan bercerai. Jolie telah mendaftarkan gugatan cerai pada Senin, 19 September.

Menurut sumber TMZ, penyebab Jolie menggugat cerai Pitt karena pertikaian terkait anak-anak mereka. Jolie juga membantah kehadiran orang ketiga sebagai penyebab utama mereka bercerai. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!