10 tips karier untuk para profesional muda

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

10 tips karier untuk para profesional muda
Membangun karier dari bawah bukan hal yang mudah tapi dengan ketekunan dan rasa syukur, semua bisa dicapai

JAKARTA, Indonesia – Semua orang sukses pasti merasakan berada di titik terendah saat mereka memulai perjalanan karier mereka. Tidak ada yang langsung bisa mencapai posisi karier tertinggi tanpa berusaha. Tak peduli siapa pun orangnya.

Tantangan di awal-awal masa karier pun tak kalah berat. Tak banyak yang tahu pasti apa yang mereka mau dan jalan mana yang akan mereka tempuh. Ada pula yang kerap berganti-ganti pekerjaan sebelum akhirnya menemukan yang tepat bagi mereka.

Tapi jangan menyerah begitu saja. Ada hal-hal penting menyangkut karakter Anda yang justru bisa dilakukan dari diri Anda sendiri yang bisa membantu untuk membangun karakter dan kepribadian.

Berikut beberapa masukan untuk para profesional muda yang baru ingin menata karier mereka:

Jangan lupa berterimakasih

Hal sepele yang sering dilupakan. Ketika seseorang berbuat baik atau membantu Anda, ucapkan terimakasih secara langsung atau lewat pesan singkat, email, apapun itu. Jangan lupa tersenyum. Sentuhan-sentuhan personal seperti ini akan membuat Anda gampang diingat banyak orang.

Apapun itu, semua pasti berlalu

Tak peduli jika Anda tengah berada di puncak kesuksesan atau di titik terendah karier dan hidup Anda, semua akan berlalu seiring waktu. Jangan lupa bersyukur saat sedang senang dan berterimakasih pula jika ada hal-hal buruk yang terjadi di sekitar Anda untuk bisa dijadikan pelajaran.

Jangan berharap banyak pada orang lain

Meski banyak orang yang ingin membantu Anda, tetap yakinkan diri Anda bahwa cuma Anda yang tahu apa yang terbaik. Jangan bergantung pada orang lain untuk mengambil keputusan penting. Luangkan waktu untuk meriset dan mempelajari banyak opsi-opsi sebelum mengambil keputusan.

Pertahankan reputasi

Jangan memicu konflik dengan rekan sekerja. Jangan pula lupa dan memutuskan hubungan dengan orang-orang di masa lalu. Siapa tahu suatu saat Anda akan memerlukan bantuan mereka. Jangan mau dikenal sebagai orang yang kerap dijauhi.

Pikirkan hal yang baik

Semua dimulai dari pikiran. Karena itu, latih pikiran Anda untuk selalu positif. Misalnya, di penghujung hari sebelum tidur, coba pikirkan tiga hal positif yang sudah Anda lakukan sepanjang hari itu. Hal tersebut akan menjadi bekal bagi Anda untuk menjalani hari selanjutnya dengan semangat positif.

Percaya diri

Anda cuma punya satu tubuh, karena itu cobalah untuk merasa nyaman dengan tubuh Anda. Rasa percaya diri akan terpancar ke sekitar Anda. Jika Anda merasa percaya diri, orang lain di sekitar Anda akan bisa merasakan semangat yang sama. Bahkan jika Anda merasa tidak percaya diri sekalipun cobalah berpura-pura.

Pilih lingkungan yang tepat

Pernah ada ungkapan berkata, “Show me your friends and I will show you your future”. Benar adanya. Siapa Anda akan banyak ditentukan oleh orang-orang dan suasana di sekitar. Ini bahkan berlaku tidak hanya di dunia kerja tapi di kehidupan sehari-hari. Orang lain bisa menjadi pendukung sekaligus yang menjatuhkan karier Anda. Tinggal pilih saja.

Manjakan diri sendiri

Bukan berarti Anda harus berfoya-foya dan menghabiskan uang berbelanja, tapi lakukan hal-hal kecil yang menyenangkan diri Anda sendiri. Misalnya berolahraga atau sekedar merapikan tempat tidur di pagi hari agar malam harinya, selepas Anda beraktvitas, Anda bisa langsung ebristirahat dengan nyaman. Simpel, kan?.

Wawancara kerja bukan satu arah

Siapapun yang pernah merasakan proses wawancara kerja harusnya tahu, yang terbaik adalah untuk melakukannya dua arah. Hanya karena Anda berada di posisi pencari kerja tak berarti Anda lemah. Tanyakansemua yang menjadi kebutuhan Anda. Bairkan karier Anda berawal dan bertumbuh dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Jangan takut berbuat kesalahan

Setiap kesalahan bisa menjadi berkah, bukan semata-mata bencana. Jadi jangan pernah takut untuk berbuat kesalahan, Tak ada manusia tercipta sempurna. Dengan catatan, jangan mengulangi hal yang sama, ya.-Rappler.com.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!