Infografis: Fakta seputar bunuh diri di Indonesia

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Infografis: Fakta seputar bunuh diri di Indonesia
Dalam memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia, kenali penyebab bunuh diri di Indonesia dan bagaimana cara mencegahnya.

JAKARTA, Indonesia — Bunuh diri merupakan salah satu kasus serius yang kerap terlupakan dalam masyarakat Indonesia. Entah karena dianggap sebagai sesuatu yang terlalu ekstrem, atau karena tak banyak orang yang mengenal seseorang yang melakukan bunuh diri. 

Padahal, angka bunuh diri di Indonesia tak bisa dibilang sepele. Sepanjang 2005, ada sekitar 30.000 kasus bunuh diri yang tercatat di Indonesia. Angka ini hanya yang dilaporkan saja. 

Ada banyak kejadian bunuh diri yang ditutup-tutupi, entah karena rasa malu keluarganya, atau demi menjaga kehormatan almarhum.

Sering kali, seseorang yang memiliki niatan bunuh diri sudah menunjukkan beberapa tanda dan gejala yang bisa diamati oleh orang-orang terdekatnya. Sayangnya, banyak orang mengabaikan hal ini dengan alasan “mungkin hanya galau sementara saja”, atau meremehkan dengan pikiran “tak mungkin dia bunuh diri”, hingga akhirnya semua terlambat. 

Kondisi ini diperparah dengan anggapan masyarakat di Indonesia yang menganggap depresi adalah hal yang normal, dan dianggap sama saja seperti stres biasa. Padahal, tak hanya stres yang bersifat sementara dan tak terlalu serius, depresi sudah dikategorikan sebagai gangguan kesehatan mental, dan jika dibiarkan tak jarang berujung pada percobaan bunuh diri.

Agar hal ini tak terjadi pada Anda maupun orang-orang terdekat Anda, pastikan Anda membekali diri Anda dengan berbagai pengetahuan seputar pencegahan bunuh diri berikut ini, dan hubungi 500-454 untuk konseling (buka 24 jam) kapanpun Anda merasa Anda butuh bantuan untuk menghentikan keinginan bunuh diri.

Simak infografik berikut yang menunjukkan data seputar kasus bunuh diri di Indonesia:

—Rappler.com

Artikel ini sebelumnya diterbitkan di HelloSehat.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!