DPR setuju sahkan RUU Perubahan Iklim

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

DPR setuju sahkan RUU Perubahan Iklim
RUU Pengesahan Persetujuan Paris atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim (UNFCCC) akan dibawa ke sidang paripurna.

 

JAKARTA, Indonesia – Komisi Energi dan Lingkungan Hidup Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyetujui Rancangan Undang-undang tentang Pengesahan Persetujuan Paris atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim (UNFCCC) dibawa ke sidang paripurna untuk disahkan menjadi undang-undang.

“Setelah mendengarkan pendapat akhir mini fraksi dan seluruh fraksi sepakat dan sependapat menyatakan setuju untuk pembahasan lebih lanjut pada pembicaraan tingkat II di Paripurna,” kata Ketua Komisi Energi dan Lingkungan Hidup DPR Gus Irawan Pasaribu di Gedung DPR, Senin 17 Oktober 2016.

Persetujuan Paris atas Konvensi Kerangka Kerja Perserikatan Bangsa-Bangsa mengenai Perubahan Iklim (UNFCCC) disepakati dalam Konferensi Perubahan Iklim Perserikatan Bangsa-Bangsa 2015 yang berlangsung di Paris pada 30 November sampai 12 Desember 2015.

Tujuan utama dari konferensi ini agar  pemanasan global bisa dibatasi maksimum 2 derajat Celcius, meskipun dalam piagam persetujuan Paris tertulis target utamanya  maksimum 1.5 derajat Celcius. Pada akhir pertemuan di Paris, sebanyak 196 negara peserta menyepakati naskah akhir kesepakatan ini.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dalam sambutannya atas pendapat akhir mini fraksi di DPR menyatakan dengan diundangkannya RUU Paris Agreement tentang Perubahan Iklim ini Indonesia akan memperoleh banyak manfaat. 

Indonesia, Menteri Siti melanjutkan, juga dapat berperan serta dan memiliki hak suara dalam pengambilan keputusan terkait Persetujuan Paris, termasuk dalam pengembangan modalitas, prosedur dan pedoman pelaksanaan Persetujuan Paris.

“Pada semua pihak terkait, saya ucapkan terimakasih untuk dukungan dan kerjasamanya, sehingga satu tahapan penting ini bisa kita selesaikan bersama. Menjadikan Indonesia semakin baik,” kata Menteri Siti Nurbaya —Rappler.com

 

 

 

 

 

 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!