5 rumah makan Padang paling sedap di Jakarta

Berikut ini adalah 5 restoran Padang buat kamu yang sedang ingin nafsu makannya terpenuhi/

Johana Purba

12:23:53am October 7, 2016

1:25:6am October 7, 2016

Masakan Padang, porsinya besar, rasanya pas, terpuaskan dalam seketika.

Masakan Padang, porsinya besar, rasanya pas, terpuaskan dalam seketika.

Orang Indonesia pada umumnya punya hubungan yang unik dengan masakan Padang. Rasanya tak diragukan lagi memang enak, tapi sayangnya kurang baik untuk kesehatan.

Masakan Padang yang kaya bumbu, umumnya bersantan, diolah dengan cara digoreng atau rebus. Belum lagi tambahan sambal gorengnya yang nikmat. Pokoknya, minyak dan santan ada di mana-mana. Tapi, justru itu yang membuat masakan Padang sangat menggugah selera, bukan?

Namun, sekali-kali nggak apa-apa jika kamu memang lagi ingin makan masakan Padang. Tinggal datang ke restoran Padang yang menjamur di kota kamu dan disuguhi beragam macam menu. Mulai dari nasi putih yang menumpuk, sayur daun singkong, ayam pop, rendang, kerupuk kulit, dan tentunya teh tawar. Porsinya besar, rasanya pas, terpuaskan dalam seketika. 

Berikut ini adalah 5 restoran Padang buat kamu yang sedang ingin nafsu makannya terpenuhi: 

Rumah Makan Surya, Bendungan Hilir, Jakarta Selatan 

Lokasinya strategis, tidak heran RM Surya kerap menjadi pilihan warga Jakarta untuk menyantap makan siang dan malam. Santap disini lebih nikmat dengan gaya ‘kekeluargaan’, alias masakan pilihan disajikan komplit di atas meja.

Kalau kantong lagi kosong, mengambil satu lauk dan mencicip berbagai kuah saja sudah lezat. Namun jika ingin makan agak banyak, rendang kering, ayam gule, kikil, dan udang sambalnya enak sekali.

Coba juga ayam pop dan sate Padang yang tersedia untuk kamu pesan. Makan kenyang berdua mulai dari Rp 50.000. 

Rumah Makan Sepakat, Pasar Mayestik, Jakarta Selatan 

Silakan coba menu masakan padang di RM Sepakat, Pasar Mayestik. Macam rendang, dendeng, ayam balado, dan kikil tersedia di sini. Rasanya gurih, pas di lidah, tidak terlalu pedas atau berminyak.

Jika kamu sepakat dengan saya soal rasanya, beri tahu kepada teman. Ingat, RM Sepakat, posisinya di lantai bawah Pasar Mayestik sebelah pojok kanan. Ada rumah makan Padang lain yang mungkin mengecoh. Sepakat? 

Rumah Makan Sederhana, Hang Lekir, Jakarta Selatan 

Dari sekian banyak cabang Rumah Makan Sederhana, cabang yang satu ini termasuk langganan orang kantoran, anak kuliahan, dan ibu rumah tangga. Rendang keringnya juara! Digado sama nasi putih hangat saja sudah terasa nikmat.

Tidak heran memang jika kantor berita CNN menahbiskan rendang sebagai makanan paling enak di dunia. Coba saja rendang di RM Sederhana, Hang Lekir. Satu paket menu rendang box mulai dari Rp 24.000.

Rumah Makan Sinar Jaya, Muara Karang, Jakarta Utara

Masih bicara rendang, RM Sinar jaya yang bertempat di Muara Karang dan Kebon Jeruk di Jakarta Barat dikenal dengan rendangnya yang gurih, super ajib. Rendang RM Sinar Jaya dibuat dari daging gandik pilihan, menggunakan santan dari kelapa tua segar, aneka rempah dan bumbu dedaunan, dimasak dengan cara khusus sehingga rasanya gurih pedas mantap.

Coba juga ayam gulainya, mantap. Tambo cie! Ingat, dari sekian banyak rumah makan padang dengan nama Sinar Jaya, yang saya maksud di sini berlokasi di Muara Karang, Jakarta Utara, dan kompleks RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 

Rumah Makan Simay, Palmerah, Jakarta Barat

Pekerja media di kawasan Palmerah sudah akrab betul dengan RM Simay yang berada di depan kantor Gramedia Palmerah. RM ini berpusat di pasar grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat, dan memiliki dua cabang di Palmerah dan Slipi.

RM Simay didirikan oleh Hj. Saridah dan anaknya Hj. Mayyulis. Mereka memulai usaha dari jualan nasi keliling, sampai kemudian membuka rumah makan Padang. Soal rasa jangan ditanya. Buktinya RM Simay sering memenangkan lomba masak masakan Padang di Jakarta.

Kalau kita bertandang ke resto di kawasan Palmerah, sertifikat penghargaan tertata rapi, serapi etalase makanannya. Silakan coba rendang Padang, aneka gulai, dendeng, dan cincang daging maupun kambing. Rendang juara ini bisa dinikmati mulai dari harga Rp 18.000. —Rappler.com