Daftar komunitas yang peduli kesehatan jiwa

Komunitas-komunitas seperti Into The Light, Get Happy, Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia, Indonesia Mental Health Care Foundation, peduli isu seperti depresi dan pencegahan bunuh diri

Dzikra Fanada

8:43:13am August 3, 2017

8:43:13am August 3, 2017

JAKARTA, Indonesia — Seseorang yang tengah mengalami depresi kadang berpikir bahwa ia sendirian di dunia ini. Tidak ada orang yang mengerti deritanya. Bahkan beberapa ada yang sempat memiliki pikiran untuk menyudahi hidup.

Tapi ketika kamu sedang down dan merasa tidak memiliki teman cerita, ada sejumlah komunitas di Indonesia yang bersedia mendengar kisah dan keluh kesahmu. Komunitas-komunitas ini peduli dengan orang-orang yang merasa depresi dan butuh bantuan untuk bisa kembali menuju kondisi yang sehat.

Kepada mereka, kamu bisa curhat dan syukur-syukur dapat menemukan jalan keluar dari masalah yang kamu hadapi. Berbincang dengan perwakilan komunitas ini dapat menjadi salah satu cara alternatif jika kamu tidak menginginkan bertemu psikiater atau psikolog.

Komunitas apa saja yang peduli terhadap kesehatan jiwa? Di bawah ini beberapa di antaranya:

Into The Light

Into The Light merupakan sebuah komunitas yang berfokus pada upaya pencegahan bunuh diri dan kesehatan jiwa kepada remaja beserta populasi khusus lainnya. 

Komunitas ini digerakkan oleh orang muda lintas identitas, yang menjunjung tinggi pendekatan program berbasis bukti dan hak. Semua kegiatan dan program yang dilakukan oleh komunitas Into The Light dilakukan sesuai dengan motto mereka, yaitu untuk menghapus stigma, peduli sesama, dan sayangi jiwa.

Kamu bisa menghubungi mereka lewat email intothelight.email@gmail.com atau langsung membuka laman ‘Pendampingan’ dalam situs mereka https://intothelightid.wordpress.com/.

Selain itu, kamu juga bisa mencari mereka lewat akun media sosial mereka di Twitter, Facebook, dan Instagram dengan @intothelightid.

(BACA: Into The Light hadir untuk penyintas kehilangan bunuh diri)

Get Happy

Get Happy merupakan komunitas yang memberikan kamu semua informasi dan support mengenai depresi, kesehatan mental, dan kebahagiannya. 

Komunitas ini memberi ruang kepada orang-orang yang sedang mengalami depresi dan kesehatan mental untuk bisa menyuarakan suaranya. Get Happy juga akan memberikan kiat-kiat untuk menjaga kesehatan dan juga terapi psikologis, holistik, serta gaya hidup sehat.

Kamu bisa menghubungi mereka lewat situsnya di http://www.get-happy.org/ atau bisa juga lewat email get.happy.yuk@gmail.com

Selain itu, kamu juga bisa mencari mereka lewat akun media sosial mereka di Twitter atau Instagram dengan @GetHappyYuk.

Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia

Komunitas ini mengajak masyarakat luas untuk peduli terhadap skizofrenia dan kesehatan jiwa. Skizofrenia sendiri merupakan gangguan mental yang kronis hingga membuat penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, hingga perubahan perilaku.

Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia (KPSI) tersebar di seluruh Indonesia untuk memberikan informasi yang lebih mendalam tentang skizofrenia itu sendiri. Selain itu, mereka juga menerima kamu yang mau curhat mengenai kesehatan jiwa.

Untuk kamu yang tertarik curhat dengan mereka, bisa mengunjungi laman http://www.skizofrenia.org/ dan mengisi form disana. Atau kamu juga bisa melihat Facebook dan Twitter mereka di @KPSI_pusat. 

Indonesia Mental Health Care Foundation

Untuk kamu yang berada di wilayah Bandung dan sekitarnya, kamu bisa mengunjungi Indonesia Mental Health Care Foundation.

Yayasan ini didirikan sepenuhnya untuk mencapai tujuan di bidang kesehatan jiwa, sosial, kemanusiaan dan pendidikan dalam rangka mendukung dan juga peduli Gerakan Sehat Mental (Jiwa) pada masyarakat Indonesia. 

Mereka memberikan layanan rehabilitasi, kesehatan, edukasi dan advokasi untuk kamu yang membutuhkan. Untuk itu, kamu bisa kunjungi laman mereka di http://www.mentalhealthcare.or.id/ atau mengirim surel kepada mentalitycareid@gmail.com

Selain itu, kamu juga bisa mencari mereka lewat akun media sosial Twitter dan Instagram dengan @mentalhealthcareid. —Rappler.com 

BACA JUGA:

Psikolog: "Apapun bisa menjadi pemicu terjadinya bunuh diri"

Infografis: Fakta seputar bunuh diri di Indonesia

Sketsatorial: Yang bisa kamu lakukan untuk mencegah bunuh diri

Bincang Rappler: Bagaimana cara mencegah bunuh diri?