Sketsatorial: Ide keren tukar kado saat Natal

Seperti apa ragam ide untuk bertukar kado? Simak uraiannya di Sketsatorial Rappler Indonesia

Rappler.com

4:23:55am December 25, 2017

4:23:55am December 25, 2017

JAKARTA, Indonesia — Natal adalah momen yang tepat untuk berbagi kasih, salah satunya dalam bentuk kado.

Tradisi tukar kado saat Natal memang tak bisa dilewatkan. Di rumah bersama keluarga atau bersama teman, atau di kantor bersama rekan kerja, tradisi tukar kado Natal selalu ditunggu-tunggu.

Seperti apa ragam ide untuk bertukar kado? Simak uraiannya di Sketsatorial Rappler Indonesia.

Secret Santa

Ini cara yang paling sering dilakukan tapi masih menarik. Caranya adalah dengan mengumpulkan nama-nama semua peserta dan menuliskannnya masing-masing dalam secarik kertas. Nantinya, semua peserta akan mengambil secara acak kertas bertuliskan nama-nama tersebut. Seseorang wajib memberikan kado Natal untuk nama yang tercantum di kertas yang dipilih.

Berburu harta karun

Ingat kebiasaan berburu telur saat Paskah? Ide serupa bisa diterapkan untuk acara tukar kado Natal. 

Caranya, semua peserta berkumpul di ruangan yang telah ditentukan, lalu masing-masing akan diberikan petunjuk tentang lokasi kado yang sebelumnya telah disembunyikan panitia.

Tebak kado

Prinsipnya sama saja seperti tebak gambar atau tebak kata. Caranya, semua kado dari peserta dikumpulkan di satu tempat. Saat acara berlangsung, secara bergiliran tiap peserta memilih kado yang mereka mau. 

Setelah memilih, sang pemilik kado maju ke depan dan keduanya akan memainkan permainan tebak kado. Sang pemilih kado diizinkan mengajukan pertanyaan soal benda apa yang jadi kado yang dipilihnya. Sang pemilik kado akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Jika sang pemilih kado berhasil, maka kado itu akan jadi miliknya.

Undian kado

Tak cuma sekadar bertukar kado biasa lewat undian, buatlah undian semenarik mungkin. Misalnya, menuliskan kertas undian dengan tantangan tertentu yang ahrus dilakukan sebelum bisa menerima kado.

Misalnya, tukar kado dengan pemilik nama yang dimulai dari huruf G atau tukar kado dengan seseorang yang mengenakan topi, atau yang lainnya. Nanti kertas-kertas berisi tantangan ini akan digulung dan masing-masing bisa melakukannya sesuai instruksi.

White elephant

Cara ini paling menarik dilakukan dengan melibatkan peserta yang banyak. Caranya adalah dengan mengumpulkan kado di satu tempat (biasanya di tengah ruangan). Setiap orang sesuai giliran memilih kado mereka. 

Orang pertama bisa membuka kado yang ia pilih. Dan orang berikutnya melakukan hal yang sama tapi ia juga sekaligus memiliki opsi untuk menyimpan kado yang dipilihnya atau menukarnya dengan orang sebelumnya. —Rappler.com

Sketsatorial adalah kolom mingguan Rappler tentang isu-isu penting yang dibahas dengan menggunakan video sketsa, dan dibuat oleh Iwan Hikmawan. Follow Iwan di Twitter @Sketsagram.