5 meme paling bikin ngakak sepanjang 2017

Apa saja yang membuat warganet terhibur selama 2017?

Rappler.com

3:47:4am December 27, 2017

3:47:4am December 27, 2017

JAKARTA, Indonesia — Warganet Indonesia memang tak pernah kehabisan hiburan tiap tahunnya. Selalu ada saja hal-hal biasa—dan juga luar biasa—yang dijadikan bahan lelucon di media sosial.

Tak terkecuali tahun ini. Cukup banyak lawakan yang ramai diperbincangkan di kalangan pengguna media sosial tahun 2017, khususnya di Indonesia. Rappler merangkum 5 di antaranya. Apa saja? 

Segala meme berbau Setnov

Foto Setya Novanto terbaring di rumah sakit saat dijenguk politisi Golkar, Endang Srikarti Handayani, menjadi viral di media sosial. Foto Istimewa

Foto Setya Novanto terbaring di rumah sakit saat dijenguk politisi Golkar, Endang Srikarti Handayani, menjadi viral di media sosial. Foto Istimewa

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) Setya Novanto mengalami kecelakaan pada 16 November malam. Mobil yang ia tumpangi menabrak tiang listrik di kawasan Jakarta Selatan. 

Anehnya, menurut para netizen, sopir mobil tersebut baik-baik saja, namun tidak demikian dengan Setnov, sapaannya. Pengacaranya, Fredrich Yunadi, mengatakan Setnov sempat pingsan dan sekujur tubuhnya luka. “Kepalanya benjol besar segede bakpao,” katanya kepada media

Namun simpati netizen bukan pada Setnov, melainkan pada tiang listriknya yang ditabrak. Meme dengan tagar #SaveTiangListrik pun ramai dicuit. Meme ini merupakan “lanjutan” dari lelucon the power of Setya Novanto yang menyebutkan bahwa apapun yang menghambat Setnov dari “pelarian”-nya akan mendapat getahnya.

Sedangkan the power of Setnov sendiri adalah sindiran terhadap seberapa berpengaruhnya mantan Ketua Umum Partai Golkar ini. Terbukti ia lolos dari statusnya sebagai tersangka kasus korupsi, melalui gugatan praperadilan yang dimenangkannya. 

Beberapa contohnya: 

Sebelumnya pula, Setnov yang mangkir dari pemanggilan sebagai saksi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya diketahui bahwa ia menjalani rawat inap di sebuah rumah sakit. 

Foto ia terbaring di rumah sakit menjadi viral setelah, namun netizen lagi-lagi menemukan beragam kejanggalan dalam foto tersebut, misalnya, letak jarum suntik untuk infus di tangan yang tidak tepat. Selengkapnya bisa dibaca di sini.  

Patung Macan Cisewu nan lucu, alih-alih menakutkan

Salah satu meme yang dibuat dari foto patung macan berdiri di depan Koramil 1123 Cisewu Garut. Foto dari media sosial.

Salah satu meme yang dibuat dari foto patung macan berdiri di depan Koramil 1123 Cisewu Garut. Foto dari media sosial.

Tidak ada yang menyangka bahwa foto patung Macan Cisewu di markas Koramil 1123 Cisewu, Garut, akan menjadi viral di media sosial. Pasalnya, setiap hari patung macan itu dilalui warga dan pengendara yang berlalu lalang di depan jalan itu sejak 6 tahun lalu didirikan di sana.

Kontroversi patung Macan Cisewu mulai ramai dibicarakan setelah seorang warganet mengunggah foto tersebut di media sosial pada Maret lalu.

Patung tersebut akhirnya dibongkar setelah mendapat berbagai macam kritik dari netizen karena penampakannya yang lucu. Padahal, sebagai patung macan, seharusnya ia membuat ngeri, apalagi letaknya yang ditempatkan di markas Koramil.

Jika diperhatikan memang, dengan mata seperti mengantuk dan mulut terbuka lebar, sosok patung macan di depan Koramil Cisewu tersembut memang lebih sering mengundang tawa dibanding membuat takut

Jadi, #IbuSudahBisa apa saja? Film horor ‘Pengabdi Setan’ yang bisa bikin tertawa

Screenshot adegan di film 'Pengabdi Setan'

Screenshot adegan di film 'Pengabdi Setan'

Film Pengabdi Setan menjadi salah satu film terlaris Indonesia tahun ini. Film bergenre horor ini sukses membuat jutaan penonton di seluruh Tanah Air merinding ketakutan.

Tapi di luar bioskop, tokoh Ibu dalam film besutan Joko Anwar ini malah menjadi bahan tertawa di media sosial. Padahal di dalam film, Ibu itu adalah karakter yang diamnya saja sudah membius menakutkan. 

Ibu, mantan penyanyi populer di era 60an dan 70an itu, adalah tokoh yang harus terbaring di atas tempat tidur karena sebuah penyakit misterius yang dideritanya. Ia tidak bisa berkomunikasi secara verbal, hanya melalui tatapan mata. 

Namun ternyata, di media sosial, Ibu sudah bisa melakukan kegiatan-kegiatan lain yang membuatnya aktif, tidak hanya pasif terbaring di tempat tidur. Jadi, ibu sudah bisa apa aja, sih?

Raisa-Hamish menikah, netizen bikin Hari Patah Hati Nasional

HARI PATAH HATI NASIONAL. Berita pertunangan Raisa dan Hamish Daud membuat para netizen patah hati. Foto dari Instagram/@Raisa6690

HARI PATAH HATI NASIONAL. Berita pertunangan Raisa dan Hamish Daud membuat para netizen patah hati. Foto dari Instagram/@Raisa6690

Pasangan penyanyi Raisa Andriana dan aktor Hamish Daud bertunangan pada Mei silam. Di balik kabar gembira ini, ternyata banyak warganet yang patah hati. Foto pertunangan pasangan idola remaja ini beredar di media sosial. Netizen pun mencuit reaksi mereka dengan tagar #HariPatahHatiNasional, karena pupus sudah harapan mereka untuk menyanding Raisa ataupun Hamish.

Jangan sedih dulu, itu baru tahap pertama. Pernikahan Raisa-Hamish pada September lalu pun membuat gerakan #HariPatahHatiNasional jilid 2 berlanjut. 

Apa kata pasangan yang pernikahanya sering disebut sebagai “Wedding of the Year 2017” ini?

Hamish mengaku, mengapresiasi energi positif dari seluruh masyarakat. "Hastag-nya (tagar) lucu. Karena, sekarang kan lagi tren meme begitu. Kami terimakasih untuk energi dan antusiasme semua orang. Terimakasih buat netizen dan semua yang follow dan support kami,” kata Hamish.  

Iklan ‘Indoeskrim Nusantara’ yang aneh bin ajaib

Screenshot adegan iklan Indoeskrim Nusantara

Screenshot adegan iklan Indoeskrim Nusantara

Secara umum, netizen Indonesia kebanyakan sering membuat konklusi sebelum mengetahui keseluruhan faktanya. Nah, salah satu contohnya adalah iklan Indoeskrim ini. 

Yang membuat netizen salah fokus adalah iklan ini berlatar legenda nusantara, layaknya tayangan televisi kolosal Indonesia yang sering diputar. Pasalnya, dalam iklan ini dibumbui dengan ornamen-ornamen modern yang tidak mungkin ada pada zaman dahulu, misal smartphone yang dilengkapi GPS atau bahkan air minum galon.

Alur cerita ini dibuka oleh perkelahian dua orang kakak beradik di sebuah hutan belantara. Pertarungan tersebut diusik oleh wanita yang diketahui adalah ibu dari kedua anak itu. Niat ingin melerai, ibu malah kena hajar anak-anaknya.

Adegan kocakterjadi di sini, di mana si ibu meminta bantuan suaminya untuk datang. Yang ajaib, ibu memanggil dengan memakai smartphone canggih yang tentunya tidak ada di zaman kerajaan seperti itu. Terlebih casing smartphone-nya juga cukup unik. Anehnya lagi, sang suami menerima panggilan telepon dari si istri ketika sedang mengendarai elang sambil memanfaatkan teknologi GPS. 

Iklan ditutup ketika si suami memamerkan sebuah kulkas yang muncul di hutan secara ajaib. Kulkas itu dipenuhi oleh produk Indoeskrim Nusantara dengan berbagai rasa.

Netizen pun banyak yang langsung mengecam bahwa kreator film ini tidak mengindahkan aspek-aspek historis. Yang tidak mereka tahu, bahwa ini toh bukan film, melainkan iklan sebuah produk es krim yang memang tujuannya untuk mengecoh penonton yang kurang teliti. 

Iklan Indoeskrim suda ditonton puluhan ribu kali sejak diunggah pada awal Juli lalu. —Rappler.com