Kereta Bandara Soetta beroperasi Juli 2017

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kereta Bandara Soetta beroperasi Juli 2017
Tarif kereta bandara diprediksi Rp 100 ribu

JAKARTA,  Indonesia – Kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta dipastikan akan mulai beroperasi pada Juli 2017. Sekali jalan kereta bisa mengangkut hingga 274 penumpang.

“Maret 2017 akan datang keretanya yang kita pesan dari Swedia,” kata Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto saat peninjauan jalur kereta menuju Bandara Soekarno-Hatta di Jakarta, Senin 7 November 2016.

Nantinya, Heru melanjutkan, akan ada 124  frekuensi dengan 10 rangkaian kereta yang terdiri dari enam kereta/gerbong. “Kereta akan berangkat setiap 15 menit sekali,’ kata Heru.

Dalam sekali jalan, kereta bisa mengakut hingga 274 penumpang atau 33.976 penumpang dalam sehari.  Saat ini rangkaian kereta sudah dipesan dan tengah dikerjakan oleh perusahaan manufaktur asal Swedia, yaitu Bombardier. 

Interior kereta ini nantinya tidak akan jauh berbeda dengan kereta yang dioperasikan di Bandara Kualanamu, Medan. “Maret 2017 akan datang keretanya yang kita pesan dari Swedia,” katanya. 

Kereta-kereta buatan Bombardier saat ini telah banyak dioperasikan di sejumlah negara, seperti Australia dan di negara-negara Eropa seperti Jerman. 

Untuk tarif, Heru melanjutkan, diperkirakan harganya Rp Rp100.000 per penumpang. Namun masalah tarif masih belum ditetapkan secara resmi, sehingga angka ini masih mungkin berubah.

Secara total, nilai proyek ini mencapai Rp 2,7 triliun. Dengan adanya kereta bandara, diharapkan waktu tempuh dari Stasiun Manggarai-Sudirman-Duri-Batu Ceper-Bandara Soetta tak sampai 54 menit.

Nantinya kereta ini akan terintegrasi langsung dengan Terminal 1, 2 dan 3 Bandara Soetta. Kereta ini diproyeksi akan sudah beroperasi pada Semester I 2017 atau sekitar Juni-Juli 2017. —dengan laporan ANTARA/Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!