Semua hal yang perlu kamu tahu tentang KTT ke-30 ASEAN di Filipina

Clara Jovita

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Semua hal yang perlu kamu tahu tentang KTT ke-30 ASEAN di Filipina
KTT ke-30 ASEAN diprediksi diselimuti isu mengenai sengketa di Laut Tiongkok Selatan dan ketegangan di Semenanjung Korea.

JAKARTA, Indonesia – Filipina menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT ke-30 ASEAN. Ini menjadi peristiwa internasional yang mengharuskan Presiden Rodrido Duterte menjadi host nya.

Pada KTT ASEAN tahun sebelumnya, Duterte membuat kejutan dengan meninggalkan ruangan para pemimpin ketika pertemuan sedang berlangsung di Laos. Kali ini sebagai tuan rumah, Duterte tidak dapat melakukan hal yang sama, lantaran citra Filipina lah yang menjadi taruhan.

Apalagi Filipina tahun ini terpilih menjadi ketua ASEAN ketika organisasi itu tepat berusia 50 tahun. Dengan begitu Duterte memiliki kesempatan untuk menyampaikan visinya bagi ASEAN hingga 50 tahun mendatang.

Berikut semua hal yang perlu kamu ketahui mengenai KTT ke-30 ASEAN di Manila:

Apa yang berbeda dalam KTT ke-30 ASEAN?

KTT ASEAN merupakan pertemuan tingkat kepala negara di kawasan Asia Tenggara yang digelar setiap tahun. Pada tahun ini, KTT ASEAN mengambil tema besar “Partnering for Change, Engaging the World” yang bertujuan untuk mempromosikan persatuan antara anggota ASEAN dengan mitra global ASEAN. KTT memprioritaskan tema ASEAN yang berorientasi dan berpusat pada rakyat, perdamaian, dan stabilitas regional, keamanan dan kerja sama maritim, pertumbuhan inklusif yang didorong oleh inovasi, ketahanan ASEAN serta menjadi model regionalisme dalam tataran global.

KTT ASEAN tahun ini diharapkan juga bisa menetapkan arah perkembangan kepada ASEAN dalam 50 tahun mendatang.

Kapan acara digelar?

Rangkaian acara dimulai pada 26 April dan berakhir pada 29 April. Para pemimpin ASEAN sudah tiba di Manila sejak hari Jumat, 28 April. Sementara, KTT ke-30 digelar di Philippine International Convention Center (PICC) di Pasay City pada Sabtu, 29 April. 

Siapa saja yang hadir?

Dari 9 negara ASEAN yang memastikan diri hadir, Myanmar tidak mengirimkan pemimpin mereka. Mereka mengirimkan Menteri Luar Negeri Aung San Suu Kyi sebagai perwakilan kepala negara.

Direktur Jenderal ASEAN Kementerian Luar Negeri Filipina, Marciano Paynor Jr. mengatakan pemimpin Myanmar tidak dapat hadir karena ada permasalahan internal di dalam negaranya.

Apa saja agenda yang dibahas dalam KTT ASEAN?

Konflik sengketa lahan di Laut Tiongkok Selatan diprediksi menjadi agenda prioritas yang dibahas di dalam KTT. Tujuan utama yang hendak dicapai yakni penandatanganan Deklarasi Kode Etik Tata Kelakuan Baik (DOC) di Laut Tiongkok Selatan dan diharapkan rampung pada tahun ini.

Dengan adanya deklarasi itu diharapkan bisa membuat reda ketegangan di kawasan Laut Tiongkok Selatan. Terlebih pada tahun lalu, Pengadilan Arbitrase di Den Haag menyatakan klaim sembilan garis putus-putus itu tak berdasar. Ini menjadi kemenangan bagi Filipina yang membawa kasus itu ke pengadilan arbitrase internasional dan negara-negara yang bersengketa dengan Tiongkok di kawasan tersebut.

Namun, yang terjadi justru di bawah kepemimpinan Duterte, Filipina bersikap semakin melunak kepada Tiongkok dan menjauh dari sekutu lama serta terdekatnya, Amerika Serikat.

Ketika memberikan keterangan pers pada Kamis kemarin, Duterte sudah menyatakan tidak akan membahas mengenai isu hasil arbitrase di Laut Tiongkok Selatan.

“Kami tidak akan membahas itu. Saya tidak memasukan itu ke dalam agenda karena itu bukan isu ASEAN,” kata Duterte pada pekan ini.

Dia memilih mengikuti cara Tiongkok yang ingin membahas isu tersebut secara bilateral.

Isu lain yang akan menjadi fokus oleh para pemimpin ASEAN adalah eskalasi di Semenanjung Korea. Dalam beberapa hari terakhir termasuk hari ini, Korea Utara kerap semakin agresif melakukan uji coba peluncuran rudal.

Apalagi di bawah pemerintahan Donald Trump, Amerika Serikat cenderung “mengipasi” konflik tersebut. Setiap pernyataan retorika yang disampaikan Korut direspons kembali dengan nada ancaman. Maka jadilah Korut semakin geram dan berjanji akan melakukan uji coba peluncuran rudal setiap pekan.

Negara-negara tetangga terdekat di kedua Korea menjadi was-was akan terkena imbas. Sementara, dunia internasional khawatir jika saling balas retorika itu dilanjutkan bisa memicu terjadinya perang dunia ketiga.

Korut pun berusaha menggalang dukungan dari pertemuan para pemimpin ASEAN ini. Menteri Luar Negeri Korea Utara Ri Yong-Ho mengirimkan sebuah surat kepada Sekretaris Jenderal ASEAN yang isinya memperingatkan bagaimana situasi di Semenanjung Korea yang sudah berada di ambang pertempuran.

Ri mendorong Sekjen ASEAN untuk menginformasikan situasi itu kepada para Menlu ASEAN dan memberikan masukan yang sesuai.

Sementara, di mata pemimpin ASEAN, Korut dilobi agar mematuhi hasil Resolusi Dewan Keamanan PBB yang meminta meredakan ketegangan dan denuklirisasi Korut.

Apa saja fokus Indonesia melalui KTT ASEAN?

Direktur Jenderal ASEAN Kementerian Luar Negeri, Jose Antonio Morato Tavares mengatakan Presiden Jokowi akan fokus kepada kilas balik kepada apa saja yang telah dilakukan dalam ASEAN selama 50 tahun ke belakang. Sejauh ini, ASEAN sudah menerapkan dialog untuk mencari solusi dalam setiap konflik yang terjadi di kawasan.

“Jadi, Pak Jokowi akan menekankan implementasi dari komitmen ASEAN sendiri. Beliau juga akan mendorong agar ASEAN sebagai institusi untuk terus dikuatkan,” kata Jose ketika memberikan keterangan pers pada Selasa, 25 April.

Selain itu, isu yang akan ditekankan oleh Jokowi yakni menyangkut perlindungan bagi tenaga kerja Indonesia di kawasan ASEAN. Tidak bisa dipungkiri dengan semakin berkembangnya alat transportasi dan teknologi membuat konektivitas warga negara di kawasan ASEAN kian cepat.

Berdasarkan data yang dimiliki oleh Kemlu total buruh migran di ASEAN ada sekitar 6,7 juta orang. Sementara, 2,5 juta hingga 3 juta berasal dari Indonesia.

“Sebenarnya dalam KTT di bulan Desember 2007 sudah dihasilkan dokumen untuk perlindungan buruh. Namun, pembahasannya selama 10 tahun ini sangat alot. Indonesia menghendaki buruh migran dilindungi dan dijamin hak-haknya baik yang datang atau tidak datang menggunakan dokumen resmi,” kata Jose.

Indonesia juga menginginkan agar perlindungan mencakup bagi keluarga buruh. Tetapi, Jose mengakui ini merupakan salah satu isu yang pelik untuk dicapai kesepakatannya.

Di antara negara ASEAN sendiri belum dicapai kesepakatan bahwa dokumen yang dihasilkan pada tahun 2007 lalu itu mengikat secara hukum.

“Tetapi, di Manila akan coba dibahas untuk bisa menjadi clean document dan diadopsi di seluruh negara. Di dalam negeri, pembahasannya pun masih di tangan Kementerian Ketenagakerjaan. Kemlu hanya membantu memberi masukan,” tutur dia. – Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!