Rahasia jamu Presiden Jokowi

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Rahasia jamu Presiden Jokowi
Jamu yang biasa diminum Presiden Jokowi diracik dari jahe, kunyit, dan temulawak.

JAKARTA, Indonesia — Sebagai presiden, tentu saja, jadwal Joko “Jokowi” Widodo sangat padat. Saat ini, misalnya, ia sedang berada di Arab Saudi. Namun besok Presiden sudah harus menjamu Raja dan Ratu Swedia di Istana  Bogor.

Karena itu Presiden Jokowi membutuhkan asupan khusus agar dirinya tetap fit. Dan bukan rahasia jika presiden kelahiran Surakarta ini sangat hobi menenggak jamu tradisional. Kegemarannya minum jamu ini disampaikan langsung oleh juru masaknya yang bernama Tri Supriharjo.

Tri bahkan membeberkan racikan jamu yang setiap pagi diminum Presiden Jokowi. Keterangan Tri dalam bentuk video ini diunggah Presiden Jokowi di akun Facebooknya pada Minggu, 21 Mei 2017. 

“Saya mulai ikut Bapak Jokowi sejak 2013. Sampai sekarang kurang lebih sudah 4 tahun berjalan,” kata Tri Supriharjo dalam rekaman video tersebut. 

Tri mengatakan Presiden Jokowi punya kebiasaan minum jamu atau teh pahit setiap pagi. Jamu yang biasa diminum Presiden Jokowi terdiri dari racikan jahe, kunyit, dan temulawak. “Temulawak 8 potong, kunyit 6 potong, dan jahe 3 potong,” kata Tri.

Hasil racikan tersebut biasanya disajikan di dalam mug atau cangkir besar berwarna hijau dengan corak hijau-putih. “Mugnya cangkir jaman dulu itu lho, yang bintik hijau,” kata Tri.

Dalam video tersebut, Tri juga mengatakan jika Presiden Jokowi sebagai orang yang sederhana. Ia bahkan mengaku tidak pernah dimarahi sejak ikut Jokowi. “Bapak itu yang saya tahu selama ini orangnya sederhana sekali,” kata Tri. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!