Harapan warga Bukit Duri untuk Anies-Sandi

Valerie Dante

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Harapan warga Bukit Duri untuk Anies-Sandi
Anies pernah berjanji tidak akan menggusur warga bantaran kali

JAKARTA, Indonesia – Maya (28 tahun)  tengah menyetrika baju ketika Rappler mengunjungi rumahnya, Senin 16 Oktober 2017. Warga Bukit Duri itu tinggal bersama suami, tiga anak, dan ibunya.

Rumah Maya merupakan peninggalan orang tuanya. Rumah tersebut berdiri tepat di bantaran Sungai Ciliwung. Sekitar satu tahun lalu, buldoser yang dikerahkan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta memotong separuh luasan bangunan rumah. 

Banyak tetangga Maya yang kehilangan rumah yang telah mereka tinggali selama berpuluh tahun. Kini Maya tinggal di rumah yang sama, hanya saja ukurannya lebih sempit.  “Jadi kecil rumah saya, jadi repot ngapa-ngapain karena sempit,” kata dia.

Meski frustasi saat terkena penggusuran, Maya mengaku tidak dapat melakukan apa-apa dan hanya bisa menerima. Baginya, itulah risiko memiliki hunian di bantaran sungai.

Kemenangan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno membawa harapan bagi warga Jakarta karena janji mereka atas pengelolaan kota yang lebih baik.  Salah satu janji yang diumbar pasangan tersebut dalam masa kampanye adalah tak lagi menggusur hunian warga Jakarta.

(SIMAK : Asa Kami Untuk Gubernur Baru DKI)

“Mudah-mudahan semua janji mereka ditepatin, termasuk yang soal stop penggusuran itu. Semoga di tangan gubernur baru, Bukit Duri jadi lebih aman dan rapih,” ujar Maya 

Warga Bukit Duri lainnya, Isman (35), mengaku kehidupannya sangat berbeda setelah penggusuran. Setelah rumahnya  rata dengan tanah pada Oktober 2016, Isman dan keluarganya pindah ke kontrakan di dekat Masjid Al Ikhsan, Jl. Kampung Melayu Kecil.

“Semua kurang enak kalau bukan rumah sendiri. Transportasi juga jadi susah karena jauh, sebelum digusur enak tinggal nyebrang pakai perahu, sekarang lebih repot apalagi kalau enggak punya kendaraan pribadi,” ujar Isman.

Isman berharap Anies selaku gubernur DKI yang akan menjabat dapat menyediakan lapangan kerja bagi warga sekitar dan memperbaiki Bukit Duri agar lebih tertib dan bersih. “Kalau masih ada pembangunan, ya lanjutkan asal enggak nyusahin warga,” katanya.

Isman mengaku beruntung menjadi salah satu orang yang masih menetap di kawasan Bukit Duri, pasalnya banyak temannya yang pindah ke rumah susun sewa Rawa Bebek menghadapi kesulitan untuk beradaptasi dan mendapatkan pekerjaan. – Rappler.com 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!