5 hal menarik tentang Emil Dardak

Brian Arga Wana

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

5 hal menarik tentang Emil Dardak

ANTARA FOTO

Selain politikus, Emil Dardak juga seorang Doktor dan penyanyi

JAKARTA, Indonesia — Emil Dardak akan maju mendampingi Khofifah Indar Parawansa dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2018. 

Suami Arumi Bachin ini memilih maju bersama Khofifah karena merasa sesuai dengan visi dan misi yang diusung Khofifah dalam memberantas kemiskinan.

Emil yang merupakan Bupati Trenggalek mendapat dukungan dari Golkar untuk maju sebagai wakil gubernur Jawa Timur. Berikut 5 hal mengenai Emil Dardak :

Merasa cocok dengan Khofifah

Salah satu alasan Emil Dardak mau menjadi calon wakil gubernur Jawa Timur adalah karena merasa cocok dengan Khofifah. 

“Karena saya melihat Ibu Khofifah yang sudah saya kenal, visi dan misi beliau dalam pemberantasan kemiskinan,” kata Emil setelah menerima rekomendasi dukungan Pilgub Jatim 2018 dari Golkar di Jalan Anggrek Neli Murni, Slipi, Jakarta Barat, Rabu 22 November 2017.

Namun langkah Emil menjadi calon wakil gubernur tak mulus. Sebab PDI Perjuangan (PDIP) yang mendukungnya saat pemilihan Bupati Trenggalek mempersoalkannya. Sebab Emil adalah anggota PDIP. 

Emil dianggap melanggar ketentuan partai karena maju mendampingi Khofifah. PDIP sendiri mengusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Abdullah Azwar Anas di Pilgub Jatim.

Berprestasi sejak muda

Emil Dardak memiliki gelar Doktor Ekonomi Pembangunan termuda di Jepang dari Ritsumeikan Asia Pacific University. Kala itu, Emil masih berusia 22 tahun. Ia sudah membuktikan kualitas dirinya, melalui gelar doktor yang diraih di usia muda.

Tidak hanya prestasi dalam pendidikan, di dunia politik pun ia memiliki prestasi yang baik. Saat Pilkada serentak di Kabupaten Trenggalek pada 2015, Emil Dardak berpansangan Mochamad Nur Arifin sebagai calon Bupati Trenggalek. Kala itu, mereka menjadikan pasangan calon termuda yang ada.

Walau terhitung sebagai paslon termuda, Emil Dardak dan Mochamad Nur Arifin mampu memenangkan perolehan suara secara mutlak. Ia memperoleh 292.248 suara atau 76,28 persen. Dengan hasil itu, Emil Dardak dan Mochamad Nur Arifin resmi menjadi pemenang Bupati Trenggalek 2015.

Suami artis

Emil Dardak merupakan suami dari seorang artis tanah air, Arumi Bachin. Mereka sah menjadi pasangan suami istri pada 30 Agustus 2013. Pernikahan berlangsung di Rumah Maroko, Jalan Tasikmalaya, Menteng, Jakarta Pusat.

Saat ini mereka sudah dikaruniai dua orang anak. Emil dan Arumi dikaruniai anak pertama pada 13 April 2014, dengan nama Lakeisha Ariestia Dardak. Selang 2 tahun, Arumi melahirkan anak keduanya pada 16 November 2016 di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Kedangsari. Anak keduanya diberi nama Alqeinan Mahsyirputro Dardak.

Multi talenta

Pria kelahiran 20 Mei 1984 ini  memiliki segudang talenta. Sebelum ia memilih menjadi politisi, Emil merupakan seorang  EVP head of project appraisal and underwriting di PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII Persero). Tidak hanya itu, ia juga seorang penyanyi pada tahun 2009.

Sempat berkecimpung dalam dunia hiburan, tidak menggagu pekerjaannya. Kala itu ia memiliki dua pekerjaan yang berbeda. Emil membuka karier di dunia tarik suara, saat ia mengeluarkan album pada 2009. Saat itu ia membuat ulang lagu Utha Likumahuwa yang berjudul “Sesaat Kau Hadir”.

Anak wakil menteri

Emil Dardak merupakan anak dari Ahmad Hermanto Dardak yang merupakan Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah periode 2014 – 2016 dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010−2014. Mungkin ini menjadikan alasan Emil untuk terjun dalam dunia pemerintahan. Ia ingin mengikuti jejak ayahnya.

Ia memulai dalam bidang pemerintahan dengan menjadi Bupati Trenggalek pada 2016 dan saat ini sedang menjadi calon wagub Jatim 2018. Tak terbebani dengan segala prestasi yang diraih oleh ayahnya dalam dunia pemerintahan, ini menjadikannya tantangan dan motivisai untuk dirinya. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!