LINI MASA: Serba-serbi mudik Lebaran 2018

Pantau terus laman ini untuk mengetahui informasi terbaru terkait musim mudik Lebaran 2018

Rappler.com

11:59:2am June 4, 2018

8:52:48am June 18, 2018

MUDIK. Setiap tahun, jutaan orang pulang kampung alias mudik demi merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Ilustrasi oleh Rappler Indonesia

MUDIK. Setiap tahun, jutaan orang pulang kampung alias mudik demi merayakan Idul Fitri bersama keluarga. Ilustrasi oleh Rappler Indonesia

Jakarta, Indonesia—Pulang kampung atau mudik menjadi tradisi yang terus berulang setiap Lebaran. Bagi mayoritas umat muslim, merayakan Idulfitri bersama keluarga bahkan bisa dibilang merupakan sebuah keniscayaan. Karena itu, di hari-hari terakhir menjelang Lebaran, jutaan orang menempuh berbagai jalur untuk pulang kampung. 

Menurut survei yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), enam hari menjelang Lebaran (H-6) atau pada Sabtu, 9 Juni 2018, bakal jadi puncak arus mudik. Kemenhub juga memprediksi bakal terjadi peningkatan jumlah pemudik pada semua jenis moda transportasi. Jenis angkutan bus misalnya, naik sebesar 1,76% dari tahun lalu dengan jumlah pemudik sekitar 8 juta orang. Adapun, pengguna sepeda motor diprediksi mencapai 8,5 juta orang. 

Survei yang sama juga menyebutkan bahwa jumlah pemudik terbanyak berasal dari wilayah Jabodetabek dengan tujuan mudik paling banyak ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Yogyakarta. Pengunaan kereta api sebagai moda transportasi mudik juga mengalami peningkatan hingga 2,37 persen. Sedangkan untuk jalur laut, penggunaan kapal roro meningkat sebanyak 3,5 persen dan kapal laut sebanyak 1,17 persen. Di sektor penerbangan, jumlah pemudik meningkat sebesar 0,93 persen.  

Menyambut musim mudik tahun ini, Rappler menyaring informasi terkini agar para pembaca dapat mengetahui situasi di berbagai pelosok Tanah Air saat akan mudik atau ketika berada dalam perjalanan. Laman ini akan terus diperbaharui hingga akhir arus balik pasca-Lebaran. 

Senin, 4 Juni 2018

Polisi terjunkan ribuan personel

Sebagaimana survei Balitbang Kemenhub, pihak kepolisian memprediksi tanggal 8, 9 dan 10 Juni 2018 sebagai puncak arus mudik Lebaran tahun ini. Khusus untuk jalur mudik dari Jakarta ke Jawa dan Sumatera, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah menyiapkan personel sebanyak 1.273 untuk mengamankan jalur mudik. 

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, personel lantas bakal ditempatkan di titik-titik rawan kemacetan di sepanjang jalur mudik. "Semua titik jalur Cikampek, kemudian jalur Jagorawi, jalur ke Banten, termasuk di dalam kota, termasuk tempat-tempat pemberangkatan, ada beberapa terminal, stasiun, bandara, ada," ujar Yusuf di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin 4 Juni 2018. 

Polda Metro juga telah menyiapkan sejumlah check point sebagai sarana istirahat selama berkendara saat mudik Lebaran. Untuk mengurangi tingkat kecelakaan, Yusuf mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor selama mudik dan memakai moda transportasi umum yang telah disiapkan pemerintah.

Selasa, 5 Juni 2018

Kemenkes cek kesehatan pengemudi 

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan mengecek kesehatan para pengemudi bus yang bertugas pada arus mudik Lebaran 2018. Menkes Nila F Moeloek menegaskan, pemeriksaan kesehatan utamanya bakal dilakukan terhadap pengemudi bus antarkota dan antarprovinsi. 

"Akan dilakukan cek kesehatan pengemudi di terminal pada H minus dan H plus sepuluh Lebaran. Tesnya mulai mulai dari wawancara, tes lab gula darah, kadar alkohol, dan narkoba," ujar Nila di Jakarta, Selasa 5 Juni 2018. 

Kemenkes juga akan menambah jumlah fasilitas kesehatan yang beroperasi sepanjang libur Lebaran. Itu dilakukan demi mengantisipasi melonjaknya jumlah warga yang mudik pada Lebaran kali ini.

Ilustrasi penembak jitu. Foto sceenshot dari Youtube

Polisi siagakan penembak jitu

Polda Lampung bakal menyiagakan sejumlah penembak jitu atau sniper di jalur mudik dan arus balik Lebaran 2018. Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana menegaskan, penyiagaan penembak jitu merupakan bagian dari tugas polisi untuk memberikan rasa aman sepanjang perjalanan mudik. 

"Khususnya pemudik yang melintasi Provinsi Lampung," ujar Suntana di Bandar Lampung seperti dilansir Antara, Selasa 5 Juni 2018. Namun demikian, ia tidak merinci di mana saja para penembak jitu itu bakal ditempatkan.

Dengan menggandeng sejumlah instansi terkait, Suntana menegaskan, pihaknya juga telah mendirikan sekitar 30 pos pengamanan. Guna meminimalisir kemacetan, rekayasa jalur juga bakal dilakukan dan mobil derek telah disiapkan. 

KSP luncurkan portal informasi mudik 

Kantor Staf Presiden (KSP) meluncurkan portal khusus sebagai sumber informasi terpadu bagi para pemudik yang bakal pulang kampung. Kepala KSP Moeldoko mengatakan, portal yang dinamai infomudik.co.id menyediakan kebutuhan informasi dari kementerian dan lembaga terkait mudik semisal  Kementerian Perhubungan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN). 

KSP juga bekerja sama dengan sejumlah pihak swasta untuk menghadirkan beragam informasi terkait mudik secara komprehensif. Termasuk di antaranya dengan platform Google Maps. “Google Indonesia sangat antusias mendukung portal infomudik.go.id, sebagai wujud partisipasi menyukseskan mudik Lebaran 2018,” ujar Moeldoko di Jakarta, Selasa 5 Juni 2018. 

Lewat portal ini, Moeldoko berharap, pemudik bisa mencari info jalur mudik baik melalui jalan tol maupun jalan alternatif, atau mencari tempat istirahat sepanjang perjalanan mudik.

PALIMANAN. Tol Cikampek-Palimanan bakal menjadi salah satu jalur yang paling banyak ditempuh pemudik pada Lebaran 2018. Foto dokumentasi Kementerian Perhubungan

PALIMANAN. Tol Cikampek-Palimanan bakal menjadi salah satu jalur yang paling banyak ditempuh pemudik pada Lebaran 2018. Foto dokumentasi Kementerian Perhubungan

Rabu, 6 Juni 2018 

Cek kemacetan via CCTV

Kementerian Perhubungan meluncurkan situs khusus untuk mengecek kondisi lalu lintas secara live via kamera closed-circuit television (CCTV). Lewat situs http://rttmc.dephub.go.id/rttmc/m/page/cctv ini, pemudik bisa mengecek kondisi kemacetan di Jalur Utara, Jalur Tengah, Jalur Selatan, Jalur Barat dan sejumlah terminal.

Kamera CCTV dipasang di lokasi yang rawan terjadi kemacetan, semisal pintu tol Jakarta-Cikampek, penyeberangan Merak-Bakauheni, pintu tol Kanci, dan jalur Nagrek.

Pemprov buka posko kesehatan 24 jam 

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, mengatakan, posko kesehatan di puskesmas-puskesmas di Jakarta akan beroperasi selama 24 jam. Itu dilakukan untuk memastikan para pemudik dan pengemudi angkutan mudik sehat sebelum menempuh perjalanan. 

"Posko-posko di Puskesmas siap selama 24 jam. Kami semua bekerja untuk memastikan warga Jakarta yang ingin melaksanakan mudik kembali dengan keadaan sehat, di kampung halaman dalam keadaan sehat, dan ke Jakarta dalam keadaan sehat," kata Anies di Terminal Pulogebang, Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018.

Simpang susun Cikunir diprediksi paling parah

Ruas simpang susun Cikunir diprediksi bakalan menjadi salah satu simpul kemacetan terparah pada musim mudik Lebaran 2018. Menurut Direktur Utama PT Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta (JLJ) Ricky Distawardhana, jumlah kendaraan yang melintas ruas simpang susun Cikunir bakal meningkat hingga 12,24 persen pada H-7. 

“Kami akan melakukan rekayasa lalu lintas, sistem buka tutup menyesuaikan antrean dari tiga titik kedatangan kendaraan, mulai dari tol dalam kota, Cakung dan Jatiasih untuk mengurai kemacetan nanti,” kata Ricky Distawardhana di Jakarta, Rabu, 6 Juni 2018. 

Simpang susun Cikunir merupakan pertemuan antara ruas jalan tol JORR dan tol Jakarta-Cikampek. Pada hari-hari biasa, ada lebih dari 490 ribu kendaraan yang melintasi ruas jalan tol lingkar luar Jakarta. 

Kamis, 7 Juni 2018

Jembatan Cincin Lama kembali beroperasi 

Jembatan Cincin Lama atau yang dikenal dengan sebutan Jembatan Widang kembali beroperasi. Sebelumnya, sebagian konstruksi jembatan sempat ambruk pada 17 April 2018 karena kerap dilalui truk-truk bermuatan berlebih. 

"Jembatan Cincin Lama sudah dioperasikan sejak (Rabu, 6 Juni 2018) kemarin. Jembatan tersebut berada di ruas jalan nasional yang merupakan kewenangan Kementerian PUPR untuk pengoperasiannya," Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam sebuah keterangan pers, Kamis (7/6/2018).

PERBAIKAN. Proses perbaikan jembatan Cincin Lama di perbatasan Tuban dan Lamongan. Foto dokumentasi Kementerian PUPR

PERBAIKAN. Proses perbaikan jembatan Cincin Lama di perbatasan Tuban dan Lamongan. Foto dokumentasi Kementerian PUPR

Dijelaskan Basuki, perbaikan jembatan yang berlokasi di perbatasan kabupaten Tuban dan Lamongan itu berlangsung selama 46 hari dan dikerjakan oleh Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Dia berharap, pengoperasian jembatan itu bisa memperlancar arus mudik dari arah Semarang ke Surabaya maupun arah sebaliknya. 

Menhub minta titik kepadatan pemudik diantisipasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut ada sejumlah titik rawan kepadatan dalam musim mudik Lebaran 2018. Di sektor perhubungan darat,  jalur menuju Pelabuhan Merak dan Tol Cikampek-Cipali diprediksi bakal dipenuhi kendaraan pemudik dan perlu antisipasi khusus. 

“Di titik-titik tersebut terdapat jumlah kendaraan yang besar sekali dan hal tersebut dilakukan individu sehingga kita harus memantau prasarana yang ada,” kata Budi di Posko Terpadu Angkutan Lebaran Tahun 2018, Jakarta,  Kamis 7 Juni 2018. 

Sedangkan untuk transportasi laut, menurut Budi, Pelabuhan Kalianget, Madura,  Jawa Timur, perlu diperhatikan khusus oleh jajarannya. Pasalnya,  kepadatan kerap disebabkan munculnya para penumpang yang liar di pelabuhan itu selama arus mudik Lebaran.  

Sedangkan di sektor perhubungan udara, Budi meminta ada koordinasi intensif antarinstansi untuk mengantisipasi lonjakan penumpang sebanyak 9 persen selama musim angkutan Lebaran 2018.  

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi akan terjadi 2 kali puncak arus mudik Lebaran 2018. Puncak arus mudik pertama diperkirakan terjadi pada 8-9 Juni 2018 sedangkan puncak arus mudik yang kedua diprediksi berlangsung pada 12-13 Juni 2018.  Adapun untuk arus balik, Kemenhub memprediksi akan terjadi pada 19-20 Juni 2018. 

Jumat, 8 Juni 2018

Stasiun Senen mulai dipadati pemudik

Pemudik mulai memadati Stasiun Besar Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat 8 Juni 2018 atau H-7 menjelang Lebaran. Kepala Stasiun Besar Pasar Senen, Rokhmat Makin Zainul mengatakan, setidaknya sudah ada 24.922 tiket perjalanan kereta api yang terjual atau naik dari hari sebelumnya yakni sebanyak 23.680 tiket. 

Untuk mengantisipasi melonjaknya jumlah penumpang yang hendak pulang  kampung, Rokhmat mengetakan, pihaknya menyiapkan 26 kereta reguler dan 8 kereta tambahan per hari. Ia memprediksi jumlah penumpang bakal terus meningkat hingga Rabu, 13 Juni 2018. 

Senin, 11 Juni 2018

Arus mudik di Pulau Jawa lancar

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terjun langsung ke lapangan untuk memantau pergerakan arus mudik Lebaran 2018. Didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, Budi meninjau kondisi arus mudik di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur 

"Semua berjalan baik. Kami pantau juga dari atas, kalaupun ada macet sedikit karena kecelakaan. Tadi ada antre panjang yang di pintu tol tapi belum sampai 5 kilometer," ujar Budi di rest area 575 Ngawi, Jawa Timur, Senin, 11 Juni 2018 atau H-5 Lebaran, seperti dikutip dari laman www.setkab.go.id. 

PEMANTAU. Rombongan tim pemerintah yang meninjau arus mudik Lebaran 2018 di Pulau Jawa sejak Minggu 10 Juni 2018. Foto dokumentasi Kemenhub

Tim pemantau bertolak dari Jakarta pada Minggu, 10 Juni 2018 sekitar pukul 08.00 WIB. Pemantauan dilakukan via udara dengan menggunakan empat helikopter. Titik pertama yang dikunjungi ialah Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. Di sana, rombongan meninjau dan menerima paparan dari Kapolda Jawa Barat terkait pantauan arus mudik di wilayah Jawa Barat.

Rombongan kemudian berlanjut ke titik kedua, yaitu Gerbang Tol Kertasari. Di sana, rombongan meninjau arus mudik menerima paparan dari Kapolda Jawa Tengah. Titik terakhir yang dikunjungi adalah di rest area 575 Ngawi, Jawa Timur. Di sana rombongan juga melakukan meninjau serta menerima paparan dari Kapolda Jawa Timur terkait pantauan arus mudik di wilayah Jawa Timur. 

Menhub mengatakan, Polri memiliki wewenang untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas apabila ada peningkatan volume kendaraan yang menyebabkan kemacetan. “Maka kita tegaskan lagi kewenangan Kakorlantas untuk bisa melakukan diskresi apabila kemacetan itu terjadi," ujar dia. 

Sidang Isbat digelar Kamis  

Kementerian Agama (Kemenag) bakal menggelar sidang isbat untuk menentukan awal bulan Syawal 1439 hijriah atau tibanya Hari Raya Idulfitri di Auditorium Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Kamis, 14 Juni 2016. Menurut Dirjen Bimas Islam Kemenag, Muhammadiyah Amin, sidang bakal digelar selepas salat Magrib setelah adanya laporan hasil rukyatul hilal dari lokasi pemantauan.  

“Sebagaimana biasa,  sidang isbat berlangsung tertutup. Hasil keputusannya akan disampaikan secara terbuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers setelah sidang isbat,” ujar Amin di Jakarta seperti dikutip dari www.setkab.go.id, Senin 11 Juni 2018. 

Selasa, 12 Juni 2018

Mobil terbalik di kilometer 153 tol Cipali

Arus mudik Lebaran 2018 di beberapa ruas jalan di Pulau Jawa masih tergolong lancar hingga Selasa siang, 12 Juni 2018. Pantauan dari National Traffic Management Center (NTCM) hingga pukul 13.00 WIB, kondisi berbagai jalur mudik di Pulau Jawa relatif kondusif. 

Jalur tol Jakarta-Cikampek misalnya, mulai ruas Merak sampai Tomang hingga ke arah Cikampek-Cipali terlihat lengang. Begitu pula di jalur Cileunyi-Kahatek-Nagrek-Limbangan-Malangbong, dan Tanjakan Gentong masih terlihat lancar. 

TERBALIK. Sebuah mobil tergelincir dan terbalik di kilometer 153 tol Cipali, Selasa 12 Juni 2018. Foto dari Twitter NTMC Polri

Hanya saja, kecelakaan sempat terjadi di kilometer 153 tol Cipali. Sebuah mobil terbalik saat melintas jalur tersebut sekira pukul 12.00 WIB. Saat ini polisi sudah tiba di lokasi kecelakaan.

Tol Medan-Tebing Tinggi seksi I dibuka 

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi I Simpang Susun (SS) Tanjung Morawa-SS Parbarakan dibuka sebagai jalur fungsional untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 sejak Senin, 11 Juni 2018. Meski fungsional namun kondisi jalan seperti tol operasional karena ruas ini sudah selesai dan siap untuk diresmikan.

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) yang dibuka fungsional untuk Lebaran 2018. Foto dok Kementerian PUPR

Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) yang dibuka fungsional untuk Lebaran 2018. Foto dok Kementerian PUPR

Dikutip dari www.setkab.go.id, pembukaan dilakukan oleh Gubernur Sumatra Utara Tengku Erry Nuradi dan didampingi Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Medan (Sumatra Utara-Riau) Paul Ames Halomoan. Pembukaan ruas ini diharapkan memperlancar arus mudik di Sumatra. Selama masa fungsional belum ada tarif yang dikenakan untuk pengemudi yang melintas jalur ini. 

PAMER. Presiden Joko Widodo memamerkan tol baru di Sulawesi yang bisa digunakan pemudik pada Lebaran 2018. Screenshot dari Facebook Jokowi

Jokowi pamer tol 

Sepanjang arus mudik berlangsung, Presiden Joko Widodo tampil secara berkala di laman Facebook pribadinya. Selain menyapa para pemudik, Jokowi juga memamerkan sejumlah ruas jalan tol yang telah bisa digunakan untuk mudik pada Lebaran kali ini. 

Kecelakaan mudik renggut 134 korban jiwa

Sebanyak 134 pemudik meninggal dalam berbagai kecelakaan lalu lintas yang terjadi sepanjang pelaksanaan Operasi Ketupat 2018. Hingga Selasa, 12 Juni 2018, menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal, tercatat ada sebanyak 633 peristiwa kecelakaan yang melibatkan pemudik. 

Namun demikian, menurut Iqbal, angka itu lebih rendah jika dibandingkan dengan jumlah kecelakaan yang terjadi dalam lima hari Operasi Ketupat pada 2017. Polri mencatat ada sebanyak 932 kecelakaan yang terjadi pada periode itu. Ketika itu, total korban tewas mencapai 312 orang. 

Rabu, 13 Juni 2018

Pelabuhan Merak dipadati pemudik 

Pelabuhan Merak, Banten, dipenuhi pemudik, sejak Rabu pagi, 13 Juni 2018. Mobil, motor, dan bus yang jumlahnya ribuan, memenuhi semua dermaga di pelabuhan. Tak hanya di dalam dermaga, kepadatan juga terlihat hingga ke luar dermaga. 

MERAK. Pelabuhan Merak dipadati pemudik pada H-2 Lebaran 2018. Foto dari Twitter @NTMCLantasPolri

MERAK. Pelabuhan Merak dipadati pemudik pada H-2 Lebaran 2018. Foto dari Twitter @NTMCLantasPolri

Kepadatan kendaraan juga terjadi di tol Tangerang-Merak. Satlantas Polri bahkan sudah memberlakukan buka tutup jalan di kawasan Cikuas Atas untuk mengurai kepadatan di dalam pelabuhan.

Tol Cikarut macet parah 

Tol Cikarang Utama (Cikarut) macet parah dua hari menjelang Lebaran atau H-2. Kemacetan terjadi sejak Rabu dini hari, 13 Juni 2018. Ekor kemacetan sudah tampak sejak kilometer 22 tol Cikarut. 

Pihak Jasa Marga mengatakan, tengah memberlakukan contra flow untuk mengurai kemacetan. 

EVAKUASI. Polisi membantu evakuasi minibus yang ringsek akibat kecelakaan tunggal di tol Pejagan-Pemalang, Rabu 13 Juni 2018. Foto dari Twitter @NTMCLantasPolri

EVAKUASI. Polisi membantu evakuasi minibus yang ringsek akibat kecelakaan tunggal di tol Pejagan-Pemalang, Rabu 13 Juni 2018. Foto dari Twitter @NTMCLantasPolri

Minibus menabrak pembatas jalan

Sebuah minibus menabrak pembatas jalan (median) di jalan tol Pejagan-Pemalang kilometer 308, Rabu siang, 13 Juni 2018. Sejumlah penumpang, termasuk di antaranya anak-anak, terluka akibat kecelakaan tersebut.

Lokasi kecelakaan sempat dikunjungi Kakorlantas Irjen Royke Lumowa. Tampak bagian-bagian body minibus ringsek dan pecahan kaca bertebaran. Royke bersama petugas juga sempat membantu mengevakuasi korban.

Sistem satu arah diberlakukan di tol Cipali

Arus lalu lintas di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) masih padat sejak Rabu dini hari hingga menjelang sore, 13 Juni 2018. Sebagai solusi mengurai kepadatan, petugas memberlakukan sistem satu arah pada kilometer 162 di daerah Kertajati hingga kilometer 169 daerah Sumber Jaya. Jalur kendaraan dari Palimanan menuju Cikopo ditutup.

Petugas sebelumnya memberlakukan contraflow atau rekayasa lalu lintas lawan arus di ruas Cikopo-Subang di Tol Cipali pada kilometer 83 hingga kilometer 87. Contraflow diberlakukan sejak pukul 09.00 WIB untuk menghindari kepadatan akibat penyempitan jalur di dekat rest area kilometer 86.

Kamis, 14 Juni 2018

Jakarta mulai lengang 

Sehari menjelang Lebaran 2018 atau H-1, kondisi Jakarta terlihat mulai lengang. Berbagai ruas jalan di kawasan pusat kota terlihat sepi dari kendaraan, Kamis 14 Juni 2018. Kemacetan pun tak tampak. 

SEPI. Kondisi jalanan di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, tampak sepi, Kamis 14 Juni 2018. Foto dari Twitter @NTMCLantasPolri

SEPI. Kondisi jalanan di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, tampak sepi, Kamis 14 Juni 2018. Foto dari Twitter @NTMCLantasPolri

Jokowi Lebaran di Bogor

Lewat akun Twitter pribadinya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap ia akan merayakan Lebaran dan menggelar open house di Istana Bogor, Jawa Barat. Tak hanya pejabat saja, masyarakat umum juga diperbolehkan masuk ke Istana Bogor dalam kegiatan open house. 

Terminal Purbaya diserbu pemudik 

Terminal Purbaya, Sidoarjo, Jawa Timur dipadati pemudik sejak Kamis pagi, 14 Juni 2018. Tercatat ada 71 ribu orang yang bakal berangkat dari terminal itu. Para pemudik rata-rata pulang kampung ke Malang dan Solo. Untuk mengatasi lonjakan penumpang, tambahan sebanyak 150 bus disiapkan.

Jumlah kecelakaan menurun

Polri mencatat ada sebanyak sebanyak 899 kasus kecelakaan lalu lintas hingga Kamis, 14 Juni 2018 atau H-1. Menurut Kadiv Humas Mabes Polri Irjel Setyo Wasisto, jumlah itu menurun signifikan jika dibanding jumlah kecelakaan pada arus mudik tahun lalu yang sebanyak 1.319 kasus. 

Pada Operasi Ketupat 2018, Setyo mengatakan, korban meninggal dunia mencapai 193 jiwa. Angka itu juga menurun jika dibandingkan angka kematian akibat kecelakaan pada 2017 yang menelan 478 korban jiwa.

SPESIAL. Whitesky Aviation menawarkan harga spesial untuk mudik dari Jakarta ke Bandung menggunaka helikopter. Foto dok Whitesky Aviation

SPESIAL. Whitesky Aviation menawarkan harga spesial untuk mudik dari Jakarta ke Bandung menggunaka helikopter. Foto dok Whitesky Aviation

Mudik pakai heli harga spesial

Melalui program HeliCity,  PT Whitesky Aviation, menawarkan mudik menggunakan helikopter rute perjalanan Jakarta-Bandung dengan harga khusus Rp12 juta. 

Menurut Direktur Pemasaran dan Pengembangan Bisnis Whitesky Aviation Ari Nurwanda, harga spesial ini berlaku untuk empat orang penumpang dari 1 Juni hingga 30 Juni 2018.

Sidang Isbat dimulai

Sidang Isbat untuk menentukan awal bulan Syawal 1439 Hijriah sekaligus penanda perayaan Idulfitri digelar di di Kantor Kementerian Agama, Kamis sore, 14 Juni 2018. Sidang dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Saifuddin. 

Ribuan personel amankan malam Takbiran 

Sebanyak 5.000 personel kepolisian akan disebar di berbagai lokasi di Jakarta untuk mengamankan malam takbiran dan salat Idulftri. Hal itu diungkapkan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz saat memimpin apel pasukan pengamanan di halaman Ditlantas Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis, 14 Juni 2018. 

EVAKUASI. Polisi membantu mengevakuasi korban laka lantas di tol Pejagan arah Pemalang, Rabu, 13 Juni 2018. Foto Twitter @DivHumas_Polri

Jumat, 15 Juni 2018

Jumlah kecelakaan menurun 29 persen

Kepolisian Negara RI (Polri) menyatakan jumlah kecelakaan lalu lintas dalam arus mudik Lebaran 2018 turun hingga 29 persen jika dibandingkan tahun lalu. Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto menyebut ada 1.041 kecelakaan lalu lintas terkait mudik hingga H-1 Lebaran 2018.

Tahun lalu, tercatat ada 1.472 kasus kecelakaan pada arus mudik. Artinya, terjadi penurunan sebanyak 431 kasus. Adapun jumlah korban yang meninggal tahun ini sebanyak 217 orang. Angka itu turun 60 persen jika dibandingkan tahun lalu yang mencapai 547 korban jiwa akibat kecelakaan mudik.

Jasa Marga siapkan strategi hadapi arus balik

PT Jasa Marga menyiapkan sejumlah strategi untuk mengatasi arus balik Lebaran 2018 yang akan berlagsung pada periode 17-21 Juni 2018. Dalam siaran persnya, Jasa Marga menyebut setidaknya ada tiga strategi khusus yang disiapkan. 

Pertama, pengaturan distribusi lalu lintas. Kedua, optimalisasi kapasitas jalur, gerbang, maupun parking bay. Terakhir, percepatan penanganan gangguan di jalur arus balik. 

Kapolri: takbiran dan salat Id berlangsung aman

Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian menyatakan, arus mudik, malam takbiran menyambut Lebaran 2018 dan salat Id berlangsung aman dan terkendali. Namun demikian, Tito menegaskan, kepolisian akan terus memperkuat penjagaan hingga arus balik selesai.

"Saya monitor di semua wilayah aman dan lancar, tidak ada kejadian berarti," ujar Tito kepada wartawan usai salat Id di halaman Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 15 Juni 2018.

Sabtu, 16 Juni 2018

Pemudik diimbau bijak memilih waktu  

Sekretaris Kabinet Pramono Anung berharap para pemudik bijak memilih waktu dan jalur yang bakal ditempuh untuk kembali dari kampung halaman. Pasalnya, selain libur bersama yang panjang hingga 20 Juni, sejumlah ruas tol Pulau Jawa relatif sudah tersambung. 

“Sehingga pemudik memiliki banyak alternatif jalan untuk kembali. Dengan demikian, harapannya bagi pemudik yang akan pulang Lebaran, bisa menikmati Lebaran lebih baik, lebih berbahagia, tidak capek dan bisa memanfaatkan waktu yang cukup," ujar Pramono seperti dikutip dari www.setkab.go.id, Sabtu, 16 Juni 2018. 

Saat ini, jalan tol dari Merak, Banten hingga Surabaya, Jawa Timur sudah tersambung. Meskipun beberapa ruas jalan tol belum ampung 100%, pemerintah tetap mengoperasikannya menjadi jalan tol fungsional. 

GARUDA. Pesawat maskapai Garuda Indonesia tengah lepas landas. Foto instagram @andrey_androy

Tingkat ketepatan waktu penerbangan 77,43 persen

Tingkat ketepatan waktu (on time performance/OTP) maskapai penerbangan selama arus mudik di 36 bandara di Indonesia mencapai 77,43% dari total 18.484 penerbangan. Hal itu diungkapkan Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Baitul Ihwan dalam siaran pers yang diterima Rappler, Jumat 15 Juni 2018. 

Tingkat OTP maskapai penerbangan terjadi di Bandara Halim Perdanakusuma dengan 90,87% dari 712 penerbangan. Disusul Bandara Sultan Iskandarmuda Aceh dengan tingkat OTP 90,00% dari jumlah total 80 penerbangan. 

Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini masih menjadi bandara dengan tingkat jumlah penerbangan tertinggi dibandingkan bandara-bandara lain. Dari H-8 hingga dengan H-1, terdapat 4.516 penerbangan di bandara tersebut dengan tingkat OTP 80,00%.

Senin, 18 Juni 2018 

331 ribu kendaraan lalui tol Pejagan-Pemalang 

Meskipun belum rampung 100%, tol Pejagan-Pemalang jadi salah satu jalur tersibuk sepanjang arus mudik Lebaran 2018. Menurut Kepala Cabang Pengelola Jalan Tol Kanci Pejagan Pemalang, Ian Dwinanto, sebanyak 331.606 kendaraan pemudik melintas di ruas tol itu sejak H-7. 

PEJAGAN. Exit tol Pejagan. Foto dari Twitter @NTMCLantasPolri

PEJAGAN. Exit tol Pejagan. Foto dari Twitter @NTMCLantasPolri

Mayoritas kendaraan, yakni sebanyak 247,949, keluar melalui pintu tol Kertasari, Kabupaten Tegal. Sisanya keluar dari pintu tol sebelum Kertasari, yakni Pejagan, Brebes Barat, Brebes Timur, dan Tegal.

Arus balik via Batang dipecah

Jalur tol fungsional Gringsing-Kandeman dipadati kendaraan pemudik, Senin, 18 Juni 2018. Petugas kepolisian akhirnya memecah arus kendaraan yang akan masuk ke Batang, Jawa Tengah. Sebagian kendaraan diarahkan ke jalur arteri nasional atau jalur Pantura.

Kendaraan baru bisa kembali masuk ke jalan tol fungsional lewat Pintu Tol Kandeman. Sebagian lainnya tetap diarahkan ke jalan tol fungsional dengan melintasi Jembatan Kalikuto, Gringsing.

—Rappler.com