Fakta seputar ‘rockstar dunia kuliner’ Anthony Bourdain

Christian Simbolon

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Fakta seputar ‘rockstar dunia kuliner’ Anthony Bourdain

amandavictorialago

Rockstar dunia kuliner Anthony Bourdain ditemukan tewas gantung diri

JAKARTA, Indonesia—Presenter acara kuliner CNN sekaligus koki andal Anthony Bourdain meninggal dunia dalam usia 61 tahun. Tony, sapaan akrab Anthony, ditemukan tak bernyawa di sebuah hotel di Prancis.  

“Tony memiliki bakat yang luar biasa. Tony bukan saja akan dirindukan karena hasil-hasil karyanya tapi karena passion-nya yang besar,” ujar Presiden CNN Jeff Zucker seperti dilansir CNN, Jumat, 8 Juni 2018. 

Siapa Bourdain?  

Bourdain dikenal sebagai seorang pembawa acara di jaringan tersebut dengan program kuliner dan wisata bertajuk Parts Unknown. Namanya mulai mendunia ketika menulis sebuah artikel bertajuk Dont Eat Before Reading This di New Yorker pada 1999. Setahun kemudian, artikel tersebut menjadi cikal bakal lahirnya buku Kitchen Confidential: Adventures in the Culinary Underbelly yang sukses besar di pasaran. 

Bourdain sempat menjadi pembawa acara A Cook’s Tour di Food Network sebelum beranjak ke Anthony Bourdain: No Reservations di Travel Channel. Serial kuliner Bourdain disukai publik dan membawanya mengantongi dua Emmy Award dan masuk nominasi sejumlah penghargaan lainnya. 

Pada 2013, CNN memboyongnya. Tak butuh lama, Bourdain segera menjadi salah ‘wajah’ CNN lewat acaranya yang bertajuk Parts Unknown. Acara yang memadukan wisata kuliner dan travelling itu sukses besar dan membawa Bourdain dianugerahi Peabody Award di tahun yang sama. 

“Dia jujur, serba ingin tahu, tidak pernah merendahkan dan tidak pernah taat  aturan. Orang-orang terbuka kepadanya dan dengan begitu seringkali mengungkap banyak hal mengenai kampung halaman atau tanah kelahiran mereka jauh lebih banyak kepada Bourdain ketimbang yang bisa digali oleh seorang reporter tradisional,” ujar juri Peabody Award ketika itu. 

Siapa saja yang pernah dijamu Bourdain? 

Bourdain terkenal kerap mengundang bintang tamu ke acaranya untuk mencicipi beragam penganan jalanan atau makanan kelas ‘petani’. Tak hanya selebritis saja, Bourdain juga menantang sejumlah sastrawan dan politikus untuk memberanikan diri mencicipi makanan-makanan eksotis.  

Sejumlah selebritis yang pernah ‘dikerjai’ Bourdain antara lain Bill Murray dan Sean Penn, penyanyi peraih Emmy Awards Norah Jones, dan gitaris Queen of the Stone Age, Joshua Michael Homme. Pada 2016, Bourdain juga sempat mengajak Presiden AS Barrack Obama untuk menyantap makanan lokal di Vietnam. 

Apa penyebab kematian Bourdain?

Bourdain berada di Paris untuk syuting seri terbaru Parts Unknown. Acara kuliner yang tayang di CNN itu kini sudah memasuki musim ke-11.  CNN mengonfirmasi Bourdain meninggal karena bunuh diri. 

Bourdain ditemukan pertama kali sudah tak bernyawa oleh sahabatnya, Eric Rieper di sebuah hotel di Prancis, Jumat pagi, 8 Juni 2018.  Menurut Eric, Bourdain meninggal karena gantung diri. Namun demikian, hingga kini belum diketahui motif Bourdain mengakhiri hidupnya.

Apa hal menarik tentang sosok Anthony?

Kehidupan pribadi seorang Anthony Bourdain tak banyak disorot publik. Ia diketahui menikah pertama kali dengan kekasih saat zaman sekolah bernama Nancy Putkoski dari tahun 1985-2006.

Setelah gagal dengan pernikahan pertama, Anthony kembali naik pelaminan dengan Ottavia Busiain tahun 2007 dan lantas dikaruniai satu putri bernama Ariane. Sembilan tahu kemudian, tepatnya tahun 2016, Anthony dan Ottavia berpisah. Penyebab utamanya adalah karena kesibukan Anthony yang kala itu memang hilir mudik keliling dunia karena pekerjaannya.

Tahun 2017 lalu, Anthony diketahui berpacaran dengan aktris bernama Asia Argento, yang juga muncul ke permukaan karena pengakuannya sebagai salah satu korban pelecehan seksual produser Harvey Weinstein. Karena pengakuan Asia itu pula, Anthony dikenal sebagai salah satu pendukung kampanye #MeToo.

Anthony adalah sosok yang tak mau menutupi masa lalunya yang kelam dan selalu terdengar blak-blakan. Ia pernah mengaku soal pengalaman buruknya dengan narkoba do era 80-an di program televisi miliknya.

—Rappler.com 

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!