Mendag jamin pasokan bahan pokok ke pasar rakyat

Uni Lubis

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mendag jamin pasokan bahan pokok ke pasar rakyat
Kemendag fasilitasi MoU antara asosiasi pedagang pasar dengan BULOG, asosiasi minyak goreng dan daging

 

JAKARTA, Indonesia –  Ketua Umum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Suryani Motik Tahir mengapresiasi upaya yang dilakukan pemerintah untuk mengendalikan harga bahan pokok saat Ramadan tahun 2017.  

“Menurut saya tahun ini ok. Saran kami, untuk impor daging sebaiknya kuotanya dibuka tidak hanya untuk pelaku tertentu.  Begitu juga dengan bawang putih,” kata Yani Motik, ketika dikontak Rappler, Rabu 14 Juni 2017.

Setelah mengawasi penerapan Harga Eceran Tertinggi di ritel modern, Kementerian Perdagangan RI memastikan pasokan bahan pokok di pasar rakyat tradisional tidak terganggu. Penerapan HET bagi bahan pokok juga dilakukan untuk memastikan harga terjangkau bagi masyarakat.

“Jangan sampai pasokan di pasar rakyat terganggu. Bapok, khususnya minyak goreng, gula, daging beku yang dijual sesuai HET, juga akan disalurkan ke pasar-pasar rakyat seluruh Indonesia. Jadi tidak hanya ke ritel modern,” jelas Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dalam keterangan yang diterima Rappler, Selasa, 13 Juni 2017

Untuk itu kemendag memfasilitasi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (IKAPPI) dan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), masing-masing dengan BULOG, Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI), dan Asosiasi Distributor Daging Indonesia (ADDI), Senin, 12 Juni 2017 di Jakarta.

Menurut Enggartiasto,  BULOG hanya menyalurkan ke pasar rakyat. “BULOG tidak akan menyalurkan bapok ke ritel modern karena harganya berbeda,” tambah Mendag.

(BACA : Sulitnya mengendalikan harga bahan pangan)

Dalam MoU IKAPPI dan APPSI dengan BULOG dicantumkan harga jual eceran maksimal di pedagang pasar rakyat untuk komoditi beras Rp9.500 per kilogram,  gula Rp12.500 per kilogram, minyak goreng kemasan sederhana Rp11.000 per liter, bawang merah Rp32.000 per kilogram, dan bawang putih Rp30.000 per kilogram.

MoU ini juga menghubungkan langsung pedagang pasar rakyat dengan produsen dan asosiasi bapok agar distribusinya menjadi lebih merata. “Pedagang pasar rakyat akan mendapat akses yang sama seperti ritel modern. Selain itu, pedagang pasar rakyat dapat berhubungan langsung dengan BULOG dan asosiasi, tidak perlu lewat distributor,” kata Mendag.

Masing-masing pihak juga diharuskan melaporkan pendistribusian bapok sesuai MoU dimaksud setiap bulannya kepada Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag melalui Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting. Ketentuan ini mulai diberlakukan serentak di seluruh Indonesia sejak 12 Juni 2017.

Sebelumnya, telah ditetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) di ritel modern untuk komoditas gula sebesar Rp.12.500/kg, minyak goreng kemasan sederhana Rp.11.000 per kilogram dan daging beku dengan harga maksimal Rp,80.000 per kilogram. 

Untuk memastikan pelaksanaan kebijakan ini, Kemendag telah memfasilitasi penandatangan MoU antara Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO)dengan distributor gula, GIMNI, Asosiasi Industri Minyak Makan Indonesia (AIMMI) dan ADDI pada 4 April 2017 .  Ketentuan ini mulai diberlakukan serentak di Indonesia sejak 10 April 2017.

Pada Desember 2016, Kemendag juga telah menugaskan Bulog memperluas distribusi daging beku di luar Jabodetabek, kecuali daerah yang melarang peredaran daging impor.

“Komitmen dari distributor daging tinggi.  Kami juga ingin harga terjangkau masyarakat,” kata Juan Permata Adoe, pemilik Kibif, distributor dan produksen daging sapi, ketika dikontak Rappler, Rabu, 14 Juni 2017.  Ke depannya, pengusaha berharap pemerintah memberikan perhatian kepada aspek on farm, yaitu peningkatan produktivitas peternakan.

Papan harga digital di pasar

Awal pekan ini, Mendag Enggar juga mengumumkan akan memasang papan referensi harga secara digital di pasar-pasar tradisional utama di seluruh Indonesia.  Informasi di papan harga ini akan diperbarui setiap hari.  Papan harga akan disediakan di pasar yang direvitalisasi menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Dalam kesempatan bersama Mendag di Bank Indonesia, Senin, 12 Juni 2017, Gubernur BI, Agus Martowardjojo, mengatakan konsumen kini punya akses ke informasi harga terbaru lewat Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS). 

“Informasi dari  PIHPS fokus pada 10 komoditas pangan yang paling bergejolak, serta 21 jenis pangan lain yang jadi sumber inflasi. 10 jenis  pangan ini memiliki bobot 50% dari volatile food,” kata  Agus.

Informasi harga pangan  di PIHPS dikumpulkan dari 164 pasar tradisional di 82 kota di 34 provinsi.  Pengumpulan data dilakukan  setiap hari pada pukul 09:00-11:00 WIB, dan dilakukan validasi terbaru setiap pukul 13:00 WIB. – Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!