Kiat-kiat merencanakan liburan dalam 60 menit

Adrianna Mejia

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Kiat-kiat merencanakan liburan dalam 60 menit
Berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk merencanakan liburan? Dengan cara online, maka kamu hanya membutuhkan waktu kurang lebih satu jam

JAKARTA, Indonesia – Akhir-akhir ini, segala sesuatu berjalan dengan cepat. Salah satu cara yang biasanya dipilih orang kebanyakan untuk beraktivitas yakni dengan cara online.

Hanya dengan jarimu, kamu bisa melakukan berbagai hal, mulai dari membayar tagihan, memesan alat transportasi, memesan makanan, atau bahkan merencanakan liburanmu untuk akhir pekan. Tidak perlu waktu lama, cukup dalam waktu satu jam.

Kamu bahkan tidak perlu meninggalkan jadwal kerja atau kuliahmu. Bayangkan, jika kamu memiliki waktu satu jam sebelum makan siang, bagaimana kamu akan menggunakan waktu itu?

Kamu memiliki beberapa pilihan: Dengan menggunakan waktu yang tepat untuk beristirahat dan makan siang bersama kolega, menyelesaikan sisa pekerjaan atau menggunakannya secara bijak, berseluncur di dunia maya dan rencanakan liburan kamu selanjutnya.

Sekarang, luangkan waktumu beberapa menit untuk merencanakan perjalanan yang sudah lama kamu impikan. Jadi, kesampingkan dulu waktu untuk makan siang (atau ketika baru saja tiba di rumah dari kantor) untuk mewujudkan liburan ke tempat wisata impianmu.

Berikut adalah beberapa kiat mengenai cara agar kamu menghemat waktu (dan dana) ketika merencanakan liburan dengan menggunakan Internet.

1. Pilih tempat tujuan yang kamu inginkan (5-10 menit)

Pasti kamu memiliki daftar berisi “tempat-tempat yang harus kamu kunjungi sebelum kamu meninggal”.

Mengapa tidak terpikir untuk memilih satu tempat tujuan? Tidak harus tempat wisata yang mewah, tetapi kalau pun iya, mungkin ini waktu yang tepat untuk mewujudkan pergi ke sana.

2. Cek anggaran (10 menit)

Salah satu alasan (dan alasan ini penting) mengapa tidak bisa berkunjung ke tempat wisata impian adalah adanya keterbatasan anggaran. Tetapi hey, jika kalian memang benar-benar menginginkan untuk pergi ke satu tempat, maka kamu akan merencanakan dengan mulai menabung, bukan?

Namun, jika kamu memiliki tempat alternatif yang bisa dikunjungi dan apa yang akan kamu lakukan di sana, maka pikirkan anggaran yang diperlukan untuk aktivitas itu. Seperti yang dikatakan orang-orang: “Liburan yang menyenangkan pasti membutuhkan waktu”.

3. Riset (15-20 menit)

Ketika kamu telah memutuskan apa yang akan kamu lakukan, tujuan berlibur dan berapa anggaran yang dibutuhkan, maka kamu bisa mulai melakukan riset yang sesungguhnya. Cari informasi sebanyak-banyaknya melalui blog perjalanan, buka situs perjalanan, atau nimbrung di forum-forum yang membahas mengenai lokasi liburan pilihanmu.

Cek juga tagar di akun Instagram dan lihat foto-foto menawan dari para pengguna akun tersebut yang sudah lebih dulu mengunjungi tempat itu. Kamu juga bisa mencari informasi bagaimana bepergian dengan anggaran yang hemat dan seberapa besar dana yang bisa kamu gunakan.

Maka kamu bisa mulai mencatat beberapa hal untuk dicari tahu seperti: Aktivitas apa saja yang dapat kamu lakukan, bagaimana untuk bisa ke sana, di mana tempat makan yang enak, tempat menginap, tempat hiburan malam, percapakan dasar dalam bahasa setempat jika kamu tidak menguasainya, dan apa saja yang boleh serta tidak boleh dilakukan dalam budaya setempat.

4. Apakah kamu butuh visa? (5 menit)

Ada beberapa negara yang memang tidak membutuhkan visa bagi turis asing. Tetapi, jika lokasi berlibur impianmu membutuhkan visa, maka pastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk menyiapkan berbagai dokumen dan lakukan pengajuan visa sebelum kamu berangkat ke sana.

5. Bagaimana cuaca di sana? (3-5 menit)

Ketika kamu sudah memilih bulan atau musim untuk berangkat, perhatikan juga bagaimana cuaca di sana. Ini akan membantu jenis pakaian apa saja yang harus dibawa. Dengan begitu bisa membuatmu terlihat lebih keren ketika berlibur. Pastikan juga aktivitas yang sudah kamu pilih sesuai dengan cuaca di sana.

6. Pesan tiket dan hotel (10-15 menit)

Ketika memesan tiket dan hotel, maka kamu bisa memesan melalui berbagai situs perjalanan, salah satunya adalah Traveloka.com.

Situs ini menawarkan berbagai rute penerbangan dan hotel untuk menginap di berbagai negara seperti Kamboja, Filipina, Vietnam, Hong Kong, dan Australia.

Tiket penerbangan dan harga tarif hotel yang terjangkau bisa ditemukan di sana, sebab mereka memiliki kemitraan yang kuat dengan berbagai maskapai dan hotel. Jika kamu mengecek tarif promo, maka kamu bisa menemukan fitur khusus “promo” yang menampilkan beberapa tarif murah yang diberlakukan selama 48 jam terakhir.

Kamu juga bisa memilih dengan menyaring pilihan penerbangan sesuai dengan maskapai, waktu, dan harga. Fitur lainnya yang menarik dari traveloka.com yakni “Smart Combo” yang bisa menghemat harga tiket penerbangan hingga 40 persen.

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi situs perjalanan ini di ponselmu.

7. Setelah 60 menit: Mulai siapkan rencana perjalanan

Setelah melakukan pemesanan dan riset, maka saatnya mengepak tas dan membuat daftar oleh-oleh yang akan kamu bawa pulang. Untuk saat ini, nikmati momen menjelang petualangan baru yang akan kamu lakukan.

Merencanakan sebuah perjalanan mungkin terkesan rumit, namun dengan teknologi terbaru, hal itu bisa dengan mudah dilakukan dengan satu klik saja. Jadi, pastikan waktu satu jam itu berharga dan cek tempat-tempat terbaru mana saja yang bisa kamu kunjungi tahun ini. —Rappler.com

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!