Filipino movies

Mengenal makna kekayaan seutuhnya lewat Wealth Wisdom: 3 Seasons of Wealth

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Mengenal makna kekayaan seutuhnya lewat Wealth Wisdom: 3 Seasons of Wealth
PermataBank memberikan edukasi finansial pada jutaan keluarga Indonesia

 JAKARTA, Indonesia  —  PermataBank kembali menggelar acara Wealth Wisdom di Ritz Carlton Pacific Place Jakarta pada 2-3 Agustus 2017. Tema Wealth Wisdom tahun ke-4 ini adalah ”3 Seasons of Wealth”. 

Menurut hasil riset, 80% orang Indonesia ternyata belum sadar finansial. Tak hanya itu riset lain tersebut juga mengungkap jika keuangan adalah hal paling tabu kedua untuk dibicarakan, 

Karena itu PermataBank merasa perlu untuk memberikan edukasi kepada keluarga Indonesia agar mereka melek financial sejak dini. Tentunya hal ini perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, sehingga misi baik ini dapat terealisasikan. 

Edukasi dimulai dengan kebiasaan #BicaraUang kepada lingkungan keluarga, yang merupakan bentuk keterbukaan dan pembelajaran di lingkungan terdekat. 

Hal ini diharapkan dapat menciptakan interaksi positif di lingkungan keluarga dan para orang tua dapat dengan aktif mengajarkan anak – anak mereka untuk menghargai setiap nilai uang yang mereka miliki. 

Karena dari lahir hingga tutup usia, manusia menghadapi beberapa musim kehidupan. Setiap musim kehidupan memiliki tantangan maupun prioritasnya masing – masing, termasuk soal keuangan dan kebahagiaan. 

Dr. Thomas Armstrong  membagi masyarakat menjadi 3 kelompok dilihat dari kebutuhan finansial mereka serta perpektif mereka tentang makna kekayaan. Kelompok tersebut adalah: MilleninalDreamer dan Legacy. 

Kelompok Millennial baru memasuki dunia kerja di mana sumber pemasukan mereka masih terbatas. Untuk kelompok ini kekayaan dilambangkan oleh jumlah uang dalam tabungan, jumlah followers ataupun like di social media serta lifestyle kekinian mereka. 

Kelompok Dreamer merupakan kelompok yang sudah berkeluarga dan memiliki bermacam – macam tujuan hidup serta tujuan finansial. Mampu mencukupi kebutuhan keluarga, memiliki memori berkesan bersama keluarga serta terus meningkatkan standar kehidupan mereka merupakan makna kekayaan bagi para Dreamers

Sedangkan kelompok Legacy sudah mapan finansial sehingga makna kekayaan adalah bagaimana mereka bisa mewariskan hal tersebut ke generasi selanjutnya. 

”Memberikan edukasi menyeluruh merupakan misi yang kami ingin sampaikan dalam Wealth Wisdom – 3 Seasons of Wealth tahun ini. Dengan memahami makna dari setiap nilai uang yang dimiliki sejak dini diharapkan menghasilkan generasi yang dapat memiliki kehidupan yang lebih baik sampai pada masa legacy, di mana mereka harus menurunkan nilai – nilai tersebut kepada generasi penerus.” kata Bianto Surodjo, Direktur Retail Banking PermataBank.

PermataBank percaya bahwa kekayaan bukan tentang materi saja. Kekayaan yang utuh mencakup aspek keuangan, kebahagiaan, hubungan dengan sekitar, kesehatan, pengabdian sosial serta pencapaian tujuan hidup. 

Pengetahuan tentang setiap aspek tersebut dikemas secara apik dalam 20 sesi kelas yang dibawakan lebih dari 45 pembicara inspiratif seperti Billy Boen, Rene Suhardono, Najwa & Quraish Shihab, Prita Ghozie, Adinia Wirasti, Hamish Daud, Chandra Liow, Michael Essien, Cynthia Riza, Ayu Gani, Ringgo & Sabai, Ratih Ibrahim, Dion Wiyoko, Najwa Shihab, Ernest Prakasa & Arie Keriting dan di dukung oleh lebih dari  35 partners dan art collaborators yang akan menjadi medium yang dapat menyebarkan misi baiknya kepada setiap target yang dituju.  

Setiap kelas membahas isu yang relevan untuk setiap generasi. Generasi Milenials memiliki semboyan hidup hanya sekali, haruslah dinikmati. Kelas The YOLO Guide #SayangUangnya membahas bagaimana cara menikmati hidup tetapi tetap merencanakan masa depan. Kelas Money and Parenting menjawab dilema Dreamers cara yang tepat untuk mengajarkan pendidikan keuangan kepada anak. Kelas Family Business Regeneration ditujukan untuk Legacy yang mulai mewariskan bisnis mereka. 

Puncak acara Wealth Wisdom 2017 adalah Family Wisdom Tribute sebagai bentuk apresiasi PermataBank terhadap keluarga Indonesia yang sukses mewariskan kearifan keluarga untuk generasi selanjutnya. Gen Halilintar, Ayla Dimitri, Moran Bersaudara serta Keluarga Kapten Budi Soehardi akan membagikan cerita tersebut kepada jutaan keluarga Indonesia. 

Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati Photo Exhibition & Art Installation #BicaraUang. Projek kolaborasi antara PermataBank, 7 fotografer, dan Kelas Pagi Jakarta ini dimulai dari ajang pencarian fotografer muda Photogrammer Hunt pada bulan Februari lalu. 

Foto dan instalasi yang ditampilkan merupakan karya para finalis Photogrammer Hunt tersebut. Dikurasi oleh Anton Ismael, karya-karya tersebut menyajikan kegelisahan, fakta – fakta, paradoks, dan dilema tentang uang yang dikemas dalam medium yang beraneka rupa. Gelaran Photo Exhibition & Art Installation #BicaraUang ini juga didukung oleh Leica Store Indonesia, Emco, Serrum, dan DGRA Printing. 

Mari menjadi bagian dari gerakan yang baik ini, untuk menciptakan taraf hidup yang layak di kemudian hari. —Rappler.com

 

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!