Mengampanyekan pentingnya SDGs dengan berjalan kaki di Car Free Day

AIESEC Indonesia mengadakan kampanye WALK 4 SDGS di 12 kota pada 29 Oktober 2017

Rappler.com

8:20:44am October 31, 2017

8:20:44am October 31, 2017

Para pemuda berpartisipasi dalam Walk 4 SDGs yang digelar oleh AIESEC Indonesia pada 29 Oktober 2017. Foto dari AIESEC Indonesia

Para pemuda berpartisipasi dalam Walk 4 SDGs yang digelar oleh AIESEC Indonesia pada 29 Oktober 2017. Foto dari AIESEC Indonesia

JAKARTA, Indonesia — AIESEC Indonesia mengadakan kampanye secara serentak di 12 kota di Indonesia pada Minggu, 29 Oktober 2017. 

Acara tersebut berhasil mengumpulkan sebanyak 1.500 pemuda di kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Lampung, Pontianak, Solo, Jogjakarta, Surabaya, Malang, Jember, dan Makassar, untuk mengampanyekan pentingnya peran mereka dalam mengimplementasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam acara yang bertajuk WALK 4 SDGS ini, AIESEC Indonesia mencoba memperkenalkan SDGs dengan cara yang sederhana dan relevan dengan aktivitas pemuda, sehingga tidak terkesan membosankan dan susah untuk dipahami. Yang menjadi tujuan dari acara ini adalah untuk memperkenalkan pergerakan Youth 4 Global Goals, sebagai pergerakan resmi yang dibentuk oleh AIESEC Indonesia dalam mengajak pemuda untuk mendukung implementasi SDGs.

AIESEC semenjak 2015 telah membentuk sebuah pergerakan bernama YOUTH 4 GLOBAL GOALS, sebuah gerakan inisiatif dimana AIESEC International, termasuk AIESEC Indonesia, mendukung implementasi SDGs, dengan mengikuti kegiatan pertukaran pemuda (Global Volunteer) ke beberapa negara yang memiliki organisasi AIESEC di dalamnya, di mana program pertukaran ini memberikan kesempatan bagi pemuda untuk melakukan projek sosial yang mendukung poin-poin dari SDGs. Serta, dengan mendukung SDGs melalui keikutsertaan dalam forum anak muda (Youth Speak Forum) yang diadakan setiap tahun untuk membahas perkembangan SDGs dan bagaimana pemuda dapat berkontribusi didalamnya. 

Walk 4 SDGs adalah acara tahunan yang dilaksanakan setahun sekali, dan merupakan rangkaian acara yang dilaksanakan untuk mengajak pemuda agar lebih mengetahui perannya dalam mendukung SDGs, selama satu tahun ke depan akan ada kegiatan lain yang akan dilaksanakan seperti Youth Speak League, Youth Speak Forum, dan Youth Speak Summit. 

“Ini merupakan kebanggan bagi kami untuk dapat hadir di acara WALK 4 SDGs Jakarta, dan bisa ikut memperkenalkan SDGs kepada anak muda,” kata Director of United Nations Information Centre Jakarta Eshilla Hazel Maravanyika. —Rappler.com