Sketsatorial: Apa itu makar?

Rappler.com

This is AI generated summarization, which may have errors. For context, always refer to the full article.

Sketsatorial: Apa itu makar?
Makar adalah perbuatan atau usaha untuk menjatuhkan pemerintahan yang sah

JAKARTA, Indonesia — Musisi Ahmad Dhani, politisi Rachmawati Soekarnoputri, Purnawirawan TNI Kivlan Zein, mantan aktivis ’98 Sri Bintang Pamungkas, dan 8 orang lainnya ditangkap menjelang aksi damai doa bersama di bilangan Monas, Jakarta, pada Jumat, 2 Desember lalu.

8 orang ditangkap atas dugaan makar, sedangkan 3 lainnya dikenakan pasal pelanggaran UU ITE.

Berita penangkapan 11 orang ini meluas, kritik mulai bermunculan. Banyak yang beranggapan kalau pasal makar tidak tepat dikenakan pada mereka.

Lalu apakah sebenarnya makar itu? Ikuti uraiannya di Sketsatorial Rappler Indonesia.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), makar adalah perbuatan atau usaha untuk menjatuhkan pemerintahan yang sah.

Dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), persoalan makar tertuang dalam Pasal 104–107.

Mereka dikenakan Pasal 107 yang berbunyi “makar dengan maksud untuk menggulingkan pemerintah, diancam dengan pidana penjara paling lama lima belas tahun.”

Menurut Peneliti Pusat Studi Hukum dan Kebijakan (PSHK) Miko Susanto Ginting, makar merupakan istilah dalam bahasa Belanda “anslaag” yang artinya serangan berat. Dengan begitu, unsur serangan berat harus bisa dibuktikan, baru seseorang bisa ditersangkakan melakukan upaya makar.

Sementara ahli hukum pidana dari Universitas Indonesia, Ganjar Laksamana, berpendapat penegak hukum dapat melakukan antisipasi pemberontakan dengan menangkap para pelaku yang diduga merencanakan upaya makar.

Ganjar merujuk pada Pasal 110 KUHP, yang turut disangkakan pada Ahmad Dhani cs. Pasal tersebut mengatur tentang permufakatan jahat, yang termasuk dalam upaya makar.

Menurutnya, tidak perlu ada tindakan nyata terlebih dahulu untuk membuat aparat bergerak, karena permufakatan jahat adalah kejahatan yang bahkan belum dimulai. —Rappler.com

Sketsatorial adalah kolom mingguan Rappler tentang isu-isu penting yang dibahas dengan menggunakan video sketsa, dan dibuat oleh Iwan Hikmawan. Follow Iwan di Twitter @Sketsagram.

Add a comment

Sort by

There are no comments yet. Add your comment to start the conversation.

Summarize this article with AI

How does this make you feel?

Loading
Download the Rappler App!