Prediksi Inggris vs Kolombia: Sejarah masih berpihak pada 'Tiga Singa'

Di semua lini bakal ketat

Choki Sihotang

2:13:43pm July 3, 2018

2:25:14pm July 3, 2018

KEKUATAN. Dua sosok kuat yang memberi harapan bagi Inggris dan Kolombia: Harry Kane dan Radamel Falcao. Foto dari FIFA.com

KEKUATAN. Dua sosok kuat yang memberi harapan bagi Inggris dan Kolombia: Harry Kane dan Radamel Falcao. Foto dari FIFA.com

JAKARTA, Indonesia —Kolombia sama sekali tak menyimpan ketakutan sedikitpun terhadap Inggris, lawan yang akan mereka hadapi di babak 16 besar Piala Dunia 2018 dini hari nanti atau Rabu, 4 Juli. 

Sikap percaya diri Kolombia dilontarkan sang penjaga gawang, David Ospina. Kolombia, menurut Ospina, siap tempur menghadapi The Three Lions. 

"Dibandingkan empat tahun lalu di Brasil, kini tim kami jauh lebih baik. Kami punya banyak pemain yang bermain di klub terbaik serta liga terbaik. Kami selama ini juga sudah bersama sebagai tim. Jadi tak asalan untuk takut," kata Ospina, seperti dikutip dari Goal. 

Dibandingkan Kolombia, Inggris memang sedikit lebih diunggulkan. Performa skuat asuhan  Gareth Southgate di babak penyisihan grup dinilai apik, walau pada laga terakhir kalah 0-1 dari Belgia.

(BACA JUGA: Piala Dunia 2018: Hasil lengkap penyisihan grup G)

Inggris memulai petualangan di Rusia dengan kemenangan 2-1 atas Tunisia. Selanjutnya, pemenang Piala Dunia 1966 melumat Panama dengan skor mengerikan, 6-1. Sayang, pada laga ketiga versus Belgia, Inggris menyerah 0-1. 

Tapi kekalahan atas Belgia tak terlalu dianggap serius, karena Harry Kane dan kawan-kawan sudah lebih dulu mengamankan tiket ke babak 16 besar. Lagi pula, Inggris sengaja menyimpan pilar krusialnya. Southgate memberi kesempatan kepada pemain lapis kedua. 

Kolombia lolos dengan dua kemenangan, sekali kalah. Kalah 1-2 dari Jepang, Kolombia kemudian berhasil mengalahkan Polandia 3-0 lalu menekuk Senegal 1-0.

Lima kali berjumpa

Pada laga uji coba tahun 2005, Inggris meninggalkan kenangan pahit bagi Kolombia. Kala itu Los Cafeteros menyerah 2-3 lantaran hattrick Michael Owen. 

Kemenangan lain Inggris tersuguh di Piala Dunia 1998. Kolombia berhasil dilibas dua gol tanpa balas. Total, Inggris-Kolombia sudah berjumpa lima kali. Inggris mengepak tiga kemenangan dan dua laga lagi berakhir imbang. 

Data dan fakta inilah yang kemudian membuat bursa taruhan sedikit berpihak kepada Inggris.

Akan tetapi, seperti dikatakan Ospina, kali ini Kolombia jauh berbeda. Dibesut Jose Pekerman, Kolombia siap memberi kejutan di Otkrytiye Arena, tempat laga hidup mati dihelat. "Inggris tim kuat, namun kami akan memberikan hasil yang terbaik bagi negara," kata ospina, pemain kepunyaan Arsenal. 

Inggris siaga penuh. Diunggulkan, tak berarti besar kepala. Tiga Singa, selain menurunkan starting XI terbaik, juga mewaspadai pemain-pemain Kolombia yang nota bene merupakan pemain bintang. Satu di antaranya adalah Radamel Falcao. Falcao sebelumnya pernah memperkuat klub Inggris, Manchester United dan Chelsea. Jadi, sedikit banyak, Falcao mengetahui gaya permainan anak-anak Inggris. 

Dan ini disadari betul oleh Southgate. "Anda perlu pahami, Falcao tetaplah striker hebat. Kini dia kembali tajam bersama Monaco," kata Southgate.

Ya! Saat bermain di MU dan Chelsea, Falcao kurang maksimal. Itu karena El Tigre dibekap cedera berkepanjangan. Namun, setelah kembali ke Monaco, sang bomber kembali tokcer. 

Jika di Kolombia ada Falcao, Inggris punya tombak yang juga mengerikan: Kane. Kane, sejauh ini, sudah mengoleksi lima gol yang menempatkan pemain Spurs itu masuk daftar pencetak gol terbanyak sementara Piala Dunia 2018. Kane diharapkan bisa menampilkan terbaiknya, bahkan lebih kinclong dari laga sebelumnya. 

Di semua lini juga bakal ketat. Kedua pelatih sudah pula menyiapkan strategi khusus. Yang juga menentukan, dukungan fans kedua tim yang pastinya tumpah ruah di stadion. Tak lupa faktor keberuntungan. Bisa saja Inggris melanjutkan hegemoninya atas Kolombia. Namun tak menutup kemungkinan Kolombia mampu menuntaskan dendam. 

Rekor pertemuan

- 20 Mei 1970 Kolombia vs Inggris 0-4 (Persahabatan)

- 24 Mei 1988 Inggris vs Kolombia 1-1 (Piala Rous)

- 06 September 1995 Inggris v Kolombia 0-0 (Persahabatan)

- 26 Juni 1998 Kolombia vs Inggris 0-2 (Piala Dunia)

- 31 Mei 2005 Inggris vs Kolombia 3-2 (Persahabatan)

Perkiraan susunan pemain:

Inggris: Pickford; Walker, Stones, Maguire, Trippier, Alli, Henderson, Lingard, Young, Sterling, Kane.

Kolombia: Ospina, Arias, Davinson Sanchez, Mina, Mojica, Uribe, Carlos Sanchez, Cuadrado, Quintero, Rodriguez, Falcao.

—Rappler.com