Prediksi Uruguay vs Prancis: Persoalan besar hantui La Celeste

Bisa dibilang duel kali ini cukup berimbang

Choki Sihotang

1:48:53pm July 4, 2018

1:48:53pm July 4, 2018

ANDALAN. Dua pemain andalan Uruguay dan Prancis yang siap berlaga memperebutkan posisi di semi final Piala Dunia. Foto dari FIFA.com

JAKARTA, Indonesia —Sama-sama tangguh, kini Uruguay dan Prancis berhadapan di babak delapan besar Piala Dunia 2018. Laga hidup mati akan berlangsung pada Jumat, 6 Juli malam WIB. Siapa yang tertawa di akhir laga?

Dipastikan, ribuan pendukung kedua tim akan menyemut di Nizhny Novgorod Stadium guna menyuntikkan semangat langsung kepada para pemain kesayangan. 

Uruguay, juga Prancis, sebelumnya mengalahkan lawannya masing-masing di partai 16 besar. Uruguay mengandaskan perlawanan Portugal, sedangkan Prancis menggebuk Argentina. 

Kabar tak sedap berhembus dari ruang ganti Uruguay. Soalnya, Edinson Cavani, penyerang andalan selain Luis Suarez, terancam tak bisa tampil. Asociacion Uruguaya de Futbol (AUF) merilis, Cavani belum 100% bugar. Inilah yang membuat sang juru racik, Oscar Tabarez, tak bisa tidur pulas. 

Tim medis melaporkan, Cavani mengalami pembengkakan otot betis kiri saat bentrok versus Portugal, Minggu, 1 Juli. Meninggalkan lapangan pertandingan dengan tertatih-tatih, Cavani diharapkan bisa pulih cepat. Akan tetapi, AUF masih memberikan lampu kuning.

Dengan atau tanpa Cavani, La Celeste siap tempur. Masih ada Suarez atau striker pelapis yang diyakini bisa menjadi andalan di lini depan. 

Penampilan terbaik

Prancis, di kubu lain, juga siap bermain all out. Kemenangan atas Argentina, 4-3, membuat anak-anak asuh Didier Deschamps tambah percaya diri. Lagi pula, semua pilar krusial Les Bleus dikabarkan siap bertarung dengan penampilan terbaik. 

Duel kian ketat, sebab kedua negara sama-sama ingin mengulang sukses di pentas terakbar. Prancis sudah lama tak naik podium kehormatan pasca-memenangkan Piala Dunia 1998. Uruguay lebih lama lagi, terakhir tahun 1950. Pertama kali mereka memenangkannya pada 1930.

Ini kali keempat Uruguay dan Prancis bersua di pentas Piala Dunia. Sebelumnya mereka bentrok di Piala Dunia 1966, 2002, dan 2010. Hasilnya, Uruguay masih lebih unggul dengan sekali kemenangan serta dua duel lagi berakhir imbang. 

Bisa dibilang duel kali ini cukup berimbang, jika ditilik dari materi pemain. Tinggal bagaimana kejelian pelatih melihat celah kelemahan lawan. Uruguay identik dengan skema 4-3-1-2. Perkuat lini belakang, mengandalkan kecepatan dan pengalaman dua tombak dengan dukungan pemain-pemain tengah. Sejauh ini, skema berjalan baik. 

Prancis tak jauh berbeda. Ddier Deschamps juga menempatkan empat pemain di belakang. Yang jadi tumpuan di garis terdepan, Olivier Giroud. Di lini tengah, Deschamps memakai jasa pemain sarat pengalaman yang dimotori Paul Pogba. 

Duel yang pastinya menyedot perhatian dunia. Kembali diuji, siapa yang lebih pantas dijagokan menjadi yang terbaik di Rusia. 

Perkiraan susunan pemain

Uruguay (4-3-1-2): Muslera, Caceres, Gimenez, Godin, Laxalt, Nandez, Torreira, Vecino, Bentancur, Suarez, Cavani (?)

Pelatih: Oscar Tabarez

Prancis (4-2-3-1): Lloris, Hernandez, Umtiti, Varane, Pavard, Pogba, Kante; Dembele, Griezmann, Mbappe, Giroud

Pelatih: Didier Deschamps

Tujuh pertemuan terakhir 

- 15 Juli 1966: Prancis-Uruguay, 1-2 (Piala Dunia) 
- 21 Agustus 1985: Prancis-Uruguay, 2-0 (Inter Continental Championship)
- 06 Juni 2002: Prancis-Uruguay, 0-0 (Piala Dunia) 
- 19 November 2008: Prancis-Uruguay, 0-0 (Persahabatan) 
- 11 Juni 2010: Uruguay-Prancis, 0-0 (Piala Dunia) 
- 15 Agustus 2012: Prancis-Uruguay, 0-0, (Persahabatan) 
- 05 Juni 2013: Uruguay-Prancis, 1-0, (Persahabatan)

—Rappler.com