Prediksi Rusia vs Krosia: Duel hidup mati tim kejutan

Kemenangan demi kemenangan membuat Rusia dan Kroasia semakin percaya diri

Choki Sihotang

10:24:17am July 7, 2018

10:24:17am July 7, 2018

PERCAYA DIRI. Baik Rusia maupun Kroasia sama-sama percaya diri menyambut pertemuan mereka. Foto dari FIFA.com

PERCAYA DIRI. Baik Rusia maupun Kroasia sama-sama percaya diri menyambut pertemuan mereka. Foto dari FIFA.com

JAKARTA, Indonesia —Piala Dunia 2018 kian panas. Lagi, dua tim tersisih di babak delapan besar. Pertama Uruguay dan teranyar Brasil. Uruguay ditekuk Prancis, sedangkan Brasil dipermalukan Belgia.  

Kini, partai hidup mati yang juga sangat ditunggu adalah duel Kroasia versus Rusia yang berstatus tuan rumah. Stadion Fisht, Minggu, 8 Juli dini hari akan menjadi neraka bagi tim yang kalah. Hanya ada satu pemenang untuk lolos ke babak semifinal. 

Rusia atau Kroasia kah yang menang? Entahlah. 

Yang pasti, duel bakal berlangsung ketat. Ini tak ubahnya final bagi kedua tim. 

Baik Kroasia, terlebih Rusia, merupakan tim yang penuh kejutan. Tak ada yang menduga sebelumnya, keduanya bakal melangkah jauh melebihi kontestan unggulan seperti Argentina, Spanyol, serta juara petahanan Jerman. Rusia, pun Kroasia, tampil impresif di fase grup dan 16 besar. 

Kemenangan demi kemenangan membuat Rusia dan Kroasia semakin percaya diri. Belum lagi suntikan semangat dari pendukung setia yang hadir langsung di stadion. 

Kroasia bukan Spanyol

Rusia yang diarsiteki Stanislav Cherchesov sepertinya akan memilih bermain terbuka, tanpa menafikan pertahanan yang selama ini sudah solid. Gol cepat sangat dibutuhkan demi menjaga asa sekaligus mengobarkan semangat juang Igor Akinfeev dan kawan-kawan. 

Kroasia sendiri menitik beratkan gempuran dari lini tengah. Mereka punya stok mumpuni di sektor ini dengan mengandalkan jam terbang serta pengalaman Ivan Rakitic dan Luka Modric. 

Rakitic, juga Modric, bisa dibilang adalah "roh" Kroasia. Dengan kata lain, jika ingin memenangkan duel maka kedua pemain tersebut harus dibatasi pergerakannya. Jangan sampai leluasa melakukan manuver. Bahaya! 

Rusia sah-sah saja besar kepala karena sukses menggebuk Spanyol, juara Piala Dunia 2010 yang bertabur pemain top. Tapi perlu diingat dan diwaspadai, Kroasia bukan Spanyol. Terlebih mereka juga melumat Argentina dengan mudahnya, tiga gol tanpa balas. 

Cherchesov paham betul, Kroasia merupakan tim kuat. Seperti Rusia, Kroasia juga mengintai gelar juara. "Kroasia punya materi pemain berkualitas, " kata Cherchesov, dilansir Goal. 

Zlatko Dalic, juru racik Kroasia, tegas mengatakan bahwa anak-anak asuhnya siap bertarung habis-habisan kendati mendapat tekanan dari publik tuan rumah yang memadati Fisht Stadium. 

"Kami tak mempersoalkan siapapun lawan kami. Kami tak bisa memilih. Ini adalah pertandingan besar dan kami harus sudah siap, " kata Dalic.

Kroasia berharap, pencapaian mereka di Rusia bisa melebihi pencapaian yang dipahat Davo Suker Cs pada Piala Dunia 1998 silam, dimana mereka sukses finis di posisi ketiga. "Kami memiliki impian besar pada turnamen kali ini. Kami tampil baik dan memiliki skuat yang dapat melangkah jauh," kata bek Kroasia Domagoj Vide, dikutip AFP.

Perkiraan Pemain

Rusia (4-2-3-1): Igor Akinfeev, Mario Fernandes, Ilya Kutepov, Sergey Ignashevich, Fedor Kudryashov, Roman Zobnin, Daler Kuzyaev, Aleksandr Samedov, Aleksandr Golovin, Denis Cheryshev, Artem Dzyuba

Kroasia (4-2-3-1): Danijel Suasic, Sime Vrsaljko, Dejan Lovren, Domagoj Vida, Ivan Strinic, Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic, Ante Rebic, Luka Modric, Ivan Perisic, Mario Mandzukic.

Sejarah pertemuan

- 06 September 2006: Kualifikasi Piala Eropa, Rusia vs Kroasia 0-0

- 06 Juni 2007: Kualifikasi Piala Eropa, Kroasia vs Rusia 0-0

- 17 November 2015: Persahabatan, Rusia vs Kroasia 1-3

—Rappler.com