Piala Dunia 2018: Hasil lengkap babak semifinal

Siapa yang mengamankan tiket ke final?

Choki Sihotang

1:20:32am July 12, 2018

2:29:55am July 12, 2018

JAKARTA, Indonesia —Kompetisi tertinggi sepak bola dunia sudah hampir memasuki babak akhir. Di semi final ini ada 4 tim yang berlaga demi 2 tiket ke final.

Mereka adalah Prancis, Inggris, Belgia dan Kroasia. Semua berebut tempat untuk bisa jadi finalis di ajang empat tahunan ini.

Bagaimana jalannya pertandingan di babak semi final? Simak di bawah ini.

Kamis, 12 Juli

Kroasia vs Inggris

Hasil akhir: 2-1

Jalannya pertandingan:

SELEBRASI. Pelatih Kroasia Zlatko Dalic dan pemain bintang Luka Modric merayakan lolosnya Kroasia ke final Piala Dunia usai menundukkan Inggris di semifinal. Foto dari FIFA.com

SELEBRASI. Pelatih Kroasia Zlatko Dalic dan pemain bintang Luka Modric merayakan lolosnya Kroasia ke final Piala Dunia usai menundukkan Inggris di semifinal. Foto dari FIFA.com

Kroasia masih terlalu hebat bagi Inggris. Meski sempat tertinggal di menit-menit awal pertandingan, Kroasia justru mampu memenangkan duel semifinal Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Luzhniki, Kamis, 12 Juli dini hari WIB.

Dengan demikian, Kroasi melaju ke partai puncak dan mereka menantang juara 1998, Prancis. Sebelumnya, Prancis mengalahkan Belgia.

Inggris sebenarnya tampil gemilang dan punya banyak sejumlah peluang namun semua terbuang sia-sia. Duel baru berjalan lima menit, "Tiga Singa" yang bermain dengan skema terbaiknya, 3-5-2, unggul 1-0. Kieran Trippier, dengan jitu, sukses mengeksekusi tendangan bebas yang memaksa Danijel Subasic memungut bola dari gawangnya.

Tapi semangat Kroasia tak ambruk. Pasukan Zlatko Dalic mampu mengejar ketinggalan dan kemudian memenangkan duel menegangkan yang dipimpin wasit asal Turki, Cuneyt Cakir.

Bermain sabar, Kroasia baru bisa menjebol gawang Inggris pada menit ke-68 lewat aksi menawan Ivan Perisic. Kroasia mengubur mimpi Inggris ke final setelah Mario Mandzukic mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-109 yang membuat skor menjadi 2-1. Skor ini bertahan hingga laga usai. 

Di final, Minggu, 15 Juli, ambisi Kroasi untuk mencatatkan sejarah pertama di pentas terakbar empat tahunan masih harus melewati satu ujian berat lagi yakni menantang Prancis.

Inggris sendiri belumlah kiamat. Masih ada harapan finis di peringkat ketiga, jika sekiranya Harry Kane dan kawan-kawan mampu mengalahkan Belgia, Sabtu, 14 Juli.

Rabu, 11 Juli

Prancis vs Belgia

Hasil akhir: 1-0

Jalannya pertandingan:

MELAJU KE FINAL. Samuel Umtiti dari Prancis merayakan golnya bersama rekan timnas Prancis dan memastikan diri melaju ke final Piala Dunia 2018. Foto dari FIFA.com

Langkah Belgia ke final terhenti sudah. Ambisi untuk menorehkan sejarah di Piala Dunia 2018 Rusia kandas di kaki anak-anak Prancis. "Setan Merah" yang sesungguhnya tampil apik kalah 0-1. Dengan demikian, Prancislah yang melangkah ke partai puncak. Ini kesempatan bagi Prancis guna mengulang sukses di pentas terakbar empat tahunan setelah menorehkan tinta emas pada 1998.

Laga yang berlangsung di Saint Petersburg Stadium, Rabu, 11 Juli dini hari WIB berjalan begitu menegangkan, bahkan sejak wasit Andres Cunha (Uruguay) meniup peluit kick off. Baik Belgia, pun Prancis, yang turun dengan pemain-pemain terbaiknya, saling jual beli serangan. 

Babak pertama usai tanpa gol. 

Babak kedua belum lama bergulir, Belgia diterjang petaka. Skema bola mati memaksa Thibaut Courtois memungut si kulit bundar dari gawangnya. Courtois ditaklukkan pemain bertahan Prancis, Samuel Umtiti, yang maju ikut menyerbu, dengan tandukan, memaksimalkan sepak pojok Antoine Griezmann.

"Kiamat" pada menit ke-51 itu sebenarnya tak perlu terjadi, jika sekiranya Marouane Fellaini lebih sigap dalam duel udara melawan Umtiti. Fellaini tampak sangat kesal dan kecewa, tak lama setelah Umtiti mencatatkan namanya di papan skor.

Belgia, dipandu sang pelatih, Roberto Martinez, dari pinggir lapangan, mencoba mengejar ketinggalan dengan meningkatkan serangan. Setidaknya, Belgia punya kans menyamakan kedudukan pada menit ke-65. Sayang, bola yang ditanduk Fellaini sedikit melenceng dari gawang Prancis yang dijaga dengan sangat baik oleh Hugo Lloris.

Prancis yang memilih bertahan di menit-menit akhir, nyaris menambah gol lewat serangan balik yang cepat. Akan tetapi, peluang yang ada tak berbuah gol. Belgia pun harus mengakui kemenangan Les Bleus, begitu wasit menyudahi laga via tiupan peluit panjang,

Di partai pamungkas, skuat asuhan Didier Deschamps akan bentrok versus Inggris atau Kroasia. Inggris dan Kroasia akan melakoni laga hidup mati pada Kamis, 12 Juli dini hari WIB. 

—Rappler.com