Prediksi Belgia vs Inggris: Penawar luka, pembuktian terakhir

Duel perebutan posisi ketiga ini tak ubahnya final

Choki Sihotang

2:51:23am July 13, 2018

2:51:23am July 13, 2018

Foto dari FIFA.com

JAKARTA, Indonesia —Pedih memang. Tapi apa mau dikata, kenyataan toh harus tetap dihadapi. Masih ada satu laga tersisa dan itu wajib dimenangkan. Peringkat ketiga juga seksi bagi Inggris, juga Belgia.

Inggris, pun Belgia, tersungkur di semifinal Piala Dunia 2018. "Setan Merah" harus mengakui keperkasaan Prancis. Sementara, "Tiga Singa", tak kuasa menghadapi tim penuh kejutan: Kroasia. Kroasia yang sempat tertinggal 0-1 sejak menit kelima, mampu bangkit dan akhirnya menyudahi laga dengan kemenangan 2-1.

Duel perebutan tempat ketiga akan dilangsungkan Sabtu, 14 Juli malam WIB. Saint Petersburg Stadium akan menjadi pembuktian terakhir pasukan Gareth Southgate dan laskar Roberto Martinez guna meraih "obat" pelipur lara.

Momen penting

The Three Lions, sejak 1990, tak pernah lagi melaju ke semifinal. Jadi, inilah momen yang tepat bagi Harry Kane dan kawan-kawan guna naik podium kehormatan untuk menerima kalungan medali. Sepertinya, Kane Cs tetap akan disambut meriah di negaranya, karena biar bagaimanapun mereka telah menorehkan pencapaian yang hebat di Rusia.

Tak banyak yang menyangka, Inggris bisa melaju sampai ke semifinal.

Toh begitu, tidaklah mudah bagi Inggris sebab Belgia juga membidik peringkat ketiga. Ini juga sejarah bagi De Rode Duivels. Bila Eden Hazard and kolega bisa mengandaskan Inggris, maka ini merupakan pencapaian terbaik Belgia di pentas terakbar empat tahunan. Pada 1986 mereka finis di peringkat keempat. Setelah itu Belgia melempem. 

Catatan Belgia setiap kali bersua Inggris kurang bagus, memang. Dari 21 pertemuan, Inggris mengalahkan Belgia sebanyak 15 kali. Di Piala Dunia, keduanya sudah dua kali berduel. Hasilnya, Inggris juga masih lebih baik. Pada 1990, Inggris menang 1-0. Dan pada 1954 pertandingan berakhir draw

Duel ketat

Tapi, di Piala Dunia kali ini, sejarah pertemuan tak lagi menjadi ukuran kemenangan. Buktinya, Belgia tak bisa mengatasi Prancis di semifinal. Padahal, dari 74 kali pertemuan, Belgia mengoleksi 30 kemenangan. Prancis cuma 24 kali. Sembilan laga berakhir imbang.

Dengan kata lain, duel Sabtu malam nanti bisa dipastikan bergulir ketat. Martinez dan Southgate sama-sama menegaskan jika duel nanti tak ubahnya final. "Kami telah berkumpul kembali untuk menyelesaikannya di posisi ketiga," tandas Martinez, asal Spanyol.

"Tantangan terberat kami adalah mengembalikan mental pertandingan. Kami harus bangkit dan tetap akan bermain. Kami tak ingin mengecewakan pendukung. Kami tetap tampil dengan rasa kebanggaan sebagai perwakilan Inggris," kata Southgate, dilansir Sports Mole. 

Belgia kemungkinan besar masih dengan formasi 3-4-2-1. Romelu Lukaku menjadi tombak utama, ditopan dua pilar di belakangnya yakni Eden Hazard serta Kevin De Bruyne. 

Inggris 3-5-2, menempatkan dua bomber yaitu Harry Kane dan silincah Raheem Sterling. Inggris sangat pandai sekali memaksimalkan bola mati. Dari 12 gol yang diciptakan, sembilan di antaranya diceploskan lewat bola-bola mati. 

Meski begitu, Belgia masih tetap bisa membusungkan dada. Soalnya, saat keduanya bentrok di fase Grup G, Belgia sukses mengalahkan Inggris 0-1.

Perkiraan susunan pemain

Inggris: Jordan Pickford, Harry Maguire, John Stones, Kyle Walker, Ashley Young, Dele Alli, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Kieran Trippier, Harry Kane, Raheem Sterling.

Belgia: Thibaut Courtois, Jan Vertonghen, Vincent Kompany, Thomas Vermaelen, Toby Alderweireld, Yannick Carrasco, Axel Witsel, Kevin De Bruyne, Nacer Chadli, Eden Hazard, Romelu Lukaku​.

—Rappler.com