Ditinggal asisten rumah tangga selama mudik? Cari penggantinya di kumpulan situs ini

Mencari asisten rumah tangga selama libur lebaran? Perkembangan teknologi melahirkan solusi untuk masalah tahunan yang satu ini.

Lina Noviandari

10:16:0am July 2, 2016

10:17:17am July 2, 2016

Momen lebaran erat kaitannya dengan aktivitas mudik. Banyak para perantau yang pulang ke kampung halaman mereka untuk berkumpul dengan keluarga besar, termasuk di antaranya para asisten rumah tangga (ART).

Karena biasanya berlangsung selama beberapa hari, sudah menjadi hal yang wajar jika para pemilik rumah yang tidak mudik mencari ART sementara (infal) untuk membantu menyelesaikan pekerjaan rumah tangga selama ART mereka pulang kampung.

Bagaimanapun, mencari ART sementara terkadang bisa menyulitkan. Untungnya, sudah ada beberapa situs di Indonesia yang menghubungkan calon majikan dengan ART, dan juga jasa lokal lainnya.

Berikut daftarnya:

Pembantu

Berawal dari sulitnya mencari ART, Nasrussalam Zakaria meluncurkan Pembantu, situs marketplace untuk mencari ART dan tenaga kerja rumahan lainnya. Melalui situs ini, calon majikan bisa melakukan pencarian dengan berbagai filter seperti jenis profesi, kota, gaji, pendidikan, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang ingin mencari tenaga kerja pengganti ART selama mudik, Anda bisa memilih kategori Tenaga Infal. Kategori tersebut memang diperuntukkan bagi tenaga kerja yang menawarkan jasa harian. 

Startup ini mengklaim bahwa para tenaga kerja yang ditampilkan di situs ini berasal dari agen penyalur yang terpercaya. Pada September tahun lalustartup ini mengklaim telah menjangkau di lebih dari 80 kota di Indonesia.

Seekmi

Seekmi merupakan pemain paling baru dalam daftar ini yang diluncurkan sekitar dua bulan lalu. Sebagai penghubung klien dan penyedia jasa lokal, Seekmi mengharuskan pencari jasa untuk mengisi formulir tentang jenis jasa yang mereka inginkan.

Nantinya, startup ini akan meneruskan permintaan mereka kepada para penyedia jasa yang ada di platformnya. Kemudian, Seekmi akan menampilkan beberapa penyedia jasa yang siap menawarkan jasa mereka berikut dengan tarif yang mereka pasang.

Seekmi sendiri menjaring penyedia jasa dari beragam sektor seperti jasa seputar rumah tangga, reparasi peralatan rumah, hingga jasa kreatif. Startup ini mengklaim telah memiliki sekitar 100 penyedia jasa di situsnya.

TukangBersih

Startup yang satu ini menyediakan layanan yang lebih spesifik, yakni cleaning service. Jasa profesional cleaning service di TukangBersih melayani rumah, apartemen, kantor, atau tempat-tempat layanan publik yang sifatnya komersial seperti restoran dan toko.

Jasa yang ditawarkani mencakup menyapu, mengepel, membersihkan toilet, mencuci peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Untuk menikmati jasa tersebut, pengguna bisa memesan paket cleaning service yang mereka butuhkan melalui situs ini. TukangBersih menyediakan beberapa paket berdasarkan luas bangunan dan lama pengerjaan dengan kisaran tarif mulai dari Rp 990.000 hingga Rp 2.990.000 untuk tiap paket.

Bagaimana, sudah tidak lagi khawatir saat ditinggal ART mudik? Atau pernah menggunakan salah satu layanan di atas? Bagi Anda yang mempunyai rekomendasi situs lain yang menyediakan jasa layanan serupa, Anda bisa mengutarakannya pada kolom komentar di bawah.

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di situs berita teknologi dan startup TechinAsia.